oleh

Berkaitan dengan Mobilitas Kendaraan

Minta Proyek Jalan Lingkar Dilanjutkan

Masyarakat Kelurahan Tanjung Makmur, Kecamatan Tebing Tinggi, mengharapkan lanjutan pembangunan jalan cor beton di Lingkar Tanjung Makmur-Pensiunan. Mengapa bisa begitu?

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Ternyata alasan warga masuk akal. Pasalnya keberadaan jalan lingkar dimaksud sangat penting. Agar mobilitas kendaraan tidak terganggu saat adanya hajatan warga.

Burhanudin, Ketua LPM Kelurahan Tanjung Makmur mengatakan, Jalan Lingkar Tanjung Makmur-Pensiunan pernah dibangun 2016. Akan tetapi, volume bangunan belum mencapai kawasan penduduk.

“Kami sangat berharap, pembangunannya dilanjutkan, untuk kepentingan masyarakat banyak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat adanya pesta hajatan warga di Lorong Pompa atau Tanjung Makmur, arus kendaraan menjadi terganggu karena jalannya sempit dan tidak ada jalan alternatif.

“Dengan adanya jalan lingkar, maka ada alternatif bagi pengguna jalan,” imbuhnya.

Masih menurut Burhanudin, selain jalan lingkar, warga Tanjing Makmur juga sangat membutuhkan jalan setapak dan drainase di beberapa titik yang ada dalam Kelurahan Tanjing Makmur. “Usulannya sudah pernah kami sampaikan dengan pemerintah, namun realisasinya belum ada. Bahkan, renovasi kantor Lurah pun belum ada, sejak Tanjung Makmur menjadi kelurahan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Empat Lawang, Syarkowi Rasyid, melalui Sekretaris M Mauludin mengatakan, Pemkab Empat Lawang melalui DPU PR berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pembangunan secara merata di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’.

“Penentuan lokasi bangunan, tidak bisa asal tunjuk saja. Harus sesuai dengan usulan dari tingkat desa atau kelurahan, camat hingga dinas terkait dan pimpinan daerah,” ungkap Mauludin, saat dihubungi via ponselnya oleh wartawan.

Menurut Mauludin, jika ada warga yang mengajukan usulan, hendaknya dijelaskan secara detail lokasi yang dimaksud, agar bisa dilakikan survei oleh pegawai terkait.

“Sedangkan untuk jalan lingkar, secepatnya akan kami panggil Kabid-nya dulu. Jika tidak memungkinkan dibangun tahun ini, mungkin akan dibangun tahun depan,” tegasnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita