oleh

Berjuang Jadi yang Terbaik

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Paskibra Ngebut Latihan

Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) persiapan maksimal dilakukan. Khususnya untuk menyukseskan pengibaran bendera merah putih 17 Agustus 2019.

Laporan Afri Yadi, Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE – Seleksi administrasi dan fisik calon anggota Paskibraka Kota Lubuklinggau dilakukan sejak Februari 2019. Lalu mulai Maret 2019 mulai latihan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Lubuklinggau, H Surya Darma melalui Kasi Kepemudaan, Niswan Khoiri, Rabu (3/7).

Demi suksesnya proses seleksi dan latihan calon anggota Paskibraka ini, Dispora melibatkan Kodim 0406, Dinas Kesehatan, Polres Lubuklinggau, para Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Berdasar hasil seleksi Maret 2019, didapatlah 70 orang calon Paskibraka putra-putri dari 32 SMA sederajat yang ada di Kota Lubuklinggau.

Menurut Niswan Khoiri, metode latihan Paskibraka tahun ini sama seperti metode tahun sebelumnya. Didukung empat pelatih dari Kodim, empat pelatih dari Polres Lubuklinggau, serta dua pelatih dari Dispora Lubuklinggau.

“Sekarang 70 calon anggota Paskibraka tersebut sedang pra latihan. Dari sini, mereka dilatih disiplin, metode Pasukan Baris Berbaris (PBB) dan fisik dalam bentuk lari. Kegiatan lari ini dilakukan setiap Minggu pagi di Car Free Day. Lalu mereka latihan PBB di halaman Museum Subkoss Garuda,” jelasnya.

Tak cukup sampai di sini, 3 Agustus 2019 mereka akan mulai masuk karantina. Dalam karantina inilah, mereka akan latihan secara menyeluruh dari pagi sampai sore, hingga dilanjutkan malam hari. Setelah menunaikan tugas, 18 Agustus 2019 barulah kembali diserahkan ke orang tua masing-masing.

Saat pengukuhan nanti, 70 peserta ini akan dipilih delapan peserta untuk pasukan pengibar bendera, 17 peserta pasukan paling depan dan 45 peserta untuk pasukan paling belakang. (*)

Rekomendasi Berita