oleh

Berikan Vitamin A dan Obat Cacing

LINGGAU POS ONLINE – Untuk mencegah gangguan kesehatan mata karena kekurangan vitamin A, Puskesmas Sidorejo adakan pemberian vitamin A dan obat cacing, di Kelurahan Ulak Lebar Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Selasa (6/8). Pemberian obat dan vitamin ini kepada 14 TK-PAUD dan 12 posyandu, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Penanggung jawab pemberian vitamin A Puskesmas Sidorejo, Hj Rumiati mengungkapkan pemberian vitamin A dan obat cacing dilakukan dua kali setiap tahunnya, yakni setiap Februari dan Agustus. Pemberian vitamin A khusus anak-anak dari umur 6 bulan sampai 59 bulan

“Karena kurang Vitamin A (KVA) masalah utama yang dapat terjadi pada semua umur, terutama pada masa pertumbuhan. Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 59 bulan, yang menjadi penyebab utama kebutaan,” jelasnya.

Kurang vitamin A pada anak dilanjutkannya, biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang. Termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan, akut, campak, cacar air, diare dan infeksi lain karena daya tahan tubuh anak menurun.

Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.

“Dengan pemberian kapsul vitamin A diharapkan dapat mencegah kasus gizi buruk dan stunting. Kami terus mengimbau kepada keluarga yang mempunyai balita untuk segera datang ke posyandu dan puskesmas, untuk mendapatkan penimbangan, pengukuran tinggi badan, kapsul vitamin A dan obat cacing,” lanjutnya. (adi)

Rekomendasi Berita