oleh

Berharap Asyila Segera Dapat Penanganan

MUSI RAWAS – Komunitas Berbagi telah menyerahkan hasil penggalangan dana untuk bayi penderita hidrosefalus, Asyila. Komunitas yang dikomandoi Viko ini berharap, Asyila bisa lekas dibawa ke Rumah Sakit Muhammad Husein (RSMH) Palembang untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Perwakilan Keluarga Asyila, Budi menerangkan bantuan diserahkan Komunitas Berbagi itu nominalnya Rp7.215.000. Itu hasil penggalangan dana yang Komunitas Berbagi lakukan 25-26 Juni 2019 di Simpang RCA Kota Lubuklinggau.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian masyarakat yang telah bederma untuk adik kami Asyila, yang kini masih tinggal di Desa Lubuk Tua, Kecamatan Muara Kelingi tempat neneknya,” tutur Budi.

Pihaknya juga berharap Asyila bisa segera dibawa ke RSMH.

“Kami sudah konfirmasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Kepala Puskesmas Muara Kelingi. Kata mereka ke Palembangnya, menunggu BPJS Asyila aktif. Menurut BPJS aktifnya 1 Juli. Kami sangat berharap segera terwujud. Asyila butuh penanganan dan bantuan kita semua,” tutur Budi.

Budi juga menerangkan, pihak Puskesmas Muara Kelingi dan Dinas Sosial Mura yang akan mengurus agar Asyila bisa segera dirujuk ke RSMH.

“Kata pihak Dinsos ada dana pendampingan untuk keluarga yang mendampingi Rp100 ribu per hari selama 10 hari. Saat ini kondisi kepala Asyila semakin membesar. Doakan Asyila kuat dan bisa cepat mendapat penanganan terbaik lewat IGD RSMH,” harap Budi.

Ia kembali menuturkan, Asyila merupakan bayi yang lahir dari latar belakang keluarga kurang mampu.

Ayah ibunya perantau di Jakarta. Asyila ini anak kedua. Namun, ibunya meninggal saat melahirkan Asyila. Setelah lahir, Asyila diincubator selama 1 bulan. Setelah itu baru keluar. Sang ayah yang bekerja sebagai security belum bisa maksimal membiayai Asyila dan kakaknya, Asyifa.

Sehingga kedua anak ini dibawa ke Desa Lubuk Tua. Oleh neneknya di Lubuk Tua, Asyila sudah dibawa ke RS Dr Sobirin dan mendapat penanganan yang baik atas bantuan Dinas Sosial Mura. Sempat dirujuk harus ke RSMH Palembang. Namun belum bisa dilakukan, sebab Asyila belum terdaftar di BPJS KIS PBI.

Saat ini, keluarga Asyila sedang menanti agar gadis kecil ini segera memiliki kartu BPJS Kesehatan untuk bisa berobat ke RSMH Palembang. (lik)

Rekomendasi Berita