oleh

Berbagi Kisah Sukses Entrepreneur

LINGGAU POS ONLINE, DEMPO – Pengusaha sukses, Ir Hindra Sumarjono berbagi kisah suksesnya sebagai entrepreneur. Hindra berbagi kiat bagaimana strategi membangun mini market modern pada Pelatihan Kewirausahaan dan Pengelolaan Retail Modern Nadhlatul Ulama Kota Lubuklinggau pada Selasa (14/11) lalu.

Di hadapan peserta pelatihan, yang notabene memiliki kemampuan tak diragukan lagi di bidang bisnis, Hindra dengan luwes memaparkan strategi bisnis hingga berhasil seperti sekarang.

Apa motivasinya? Saat ditemui, Jumat (17/11), Owner SM Group, Ir Hindra Sumarjono memberikan tanggapannya.

“Saya memang ingin membagi ilmu entrepreneur kepada masyarakat. Saya menjadi pembicara pada pelatihan kewirausahaan NU untuk membantu masyarakat, agar mereka berjiwa entrepreneur. Dengan mereka mempunyai jiwa entrepreneur maka nantinya bisa ciptakan lapangan kerja sendiri, dan tidak tergantung dengan orang lain,” ungkap Hindra Sumarjono di ruang kerjanya.

Mengenai materi yang disampaikan, ia menyebutkan berkenaan dengan motivasi.

“Saya memberikan pandangan untuk menjadi wirausaha itu harus ada pola untuk mengerjakan sesuatu.  Dengan tahu pola tersebut kita dapat prediksi pekerjaan akan datang. Sehingga kesuksesan mudah dicapai. Di sini saya juga menyebutkan setiap untuk menjadi wirausaha itu tentu akan mendapatkan tekanan. Di sini perlu ditegaskan seluruh hidup itu ada tekanannya, dan kita mesti menjalaninya. Kalau tekanan responnya negatif bisa saja nanti menjadi stres. Tapi kalau kita respon positif maka kesuksesan akan terjadi pada kita nantinya,” papar Hindra Sumarjono menyitir materi yang disampaikannya di hadapan peserta.

Soal bagaimana menuju kesuksesan, penghobi Batu Akik ini menyebutkan.

“Kalau kita ingin menuju kesuksesan mesti memiliki dasar khusus terlebih dulu. Pertama dengan memiliki pola. Dengan adanya pola ini maka kerja kita akan terkonsep. Kedua, jika ada masalah dapat dicari solusi. Dan ingat jangan pikirkan solusi. Itu cara yang tepat. Ketiga, kalau mendapatkan tekanan maka kita respon secara positif. Jangan negatif, karena bisa akan menimbulkan stres,” ucap Hindra Sumarjono berbagi trik dalam menjalani usaha ini. (01)

Komentar

Rekomendasi Berita