oleh

Berbagai Inovasi Dilakukan Warga Perumnas Rahma Tangkal Covid

LINGGAUPOS.CO.ID – Guna memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), tiga pilar bersama masyarakat Kelurahan Perumnas Rahma Tangkal Covid-19 (Permata Covid), melakukan berbagai kegiatan.

Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Perumnas Rahma, Misno menyampaikan kepedulian masyarakat membuat seluruh warga tergerak swadaya membangun gerbang kampung tangkal Covid-19 di kampung bersih. Hal ini dilakukan sebagai persiapan mengikuti Lomba Kampung Tangkal Covid-19 yang diadakan tiga pilar Kota Lubuklinggau.

Kata Misno, di Permata Covid, masyarakat melakukan berbagai inovasi penerapan protokol kesehatan Era New Normal. Mulai dari masuk dan keluar dengan satu arah harus melewati gerbang sterilisasi yang dilengkapi dengan penyemprotan disinfektan secara otomatis yang melekat di gerbang.

Di sana juga ada posko penanganan Covid-19 yang dijaga oleh petugas menggunakan seragam khusus dari masyarakat, Babinkamtibmas, Babinsa dan Petugas Kesehatan selama 24 jam. Di dalamnya lengkap dengan thermo gun.

Selain warga Perumnas Rahma, setiap warga yang masuk ke kampung ini selain wajib pakai masker, juga harus didata dan mengecek kesehatannya di Posko Kesehatan. Selain itu setiap depan rumah warga di Permata Covid disiapkan fasilitas cuci tangan. Begitu juga dengan setiap depan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti masjid, sekolah, dan sarana pendidikan juga siaga menerapkan protokol kesehatan.

Sementara bagi warga yang terindikasi Covid-19, kampung ini menyiapkan ruang isolasi di Puskeslur Rahma. Setiap pagi dan sore disiapkan motor keliling (torling) di Kampung Tangkal Covid menggunakan toa untuk menginformasikan kepada warga agar terus menerapkan protokol kesehatan di era menuju new normal.

Misno berharap, dengan adanya Kampung Tangkal Covid-19 ini masyarakat makin menyadari dan mematuhi imbauan pemerintah Kota Lubuklinggau di era new normal seperti sekarang.

Sementara Lurah Perumnas Rahma, Enceng menjelaskan berdirinya Gerbang Kampung Tangkal Covid-19 sejak awal Juni 2020 baik di RT 1, RT 2 dan RT 3 membuat warga bersemangat dan sadar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kata Lurah, terwujudnya Kampung Tangkal Covid-19, merupakan buah dari sinergi pihak Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kelurahan Perumnas Rahma, Masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, LPM, Ketua RT sekelurahan Perumnas Rahma, LPM, Karang Taruna, LPA, dan Petugas kesehatan Puskesmas Sumber Waras.

Ia bersyukur, selama Covid-19 melanda di Kota Lubuklinggau tak ada warga Kelurahan Perumnas Rahma yang terindikasi Covid-19.

Karena sebelum Gerbang Kampung Tangkal Covid-19 berdiri, Masyarakat Kelurahan Perumnas Rahma sudah melakukan pembagian masker secara gratis dan penyemprotan desinfektan secara berkala guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(*)

Rekomendasi Berita