oleh

Berantas Pungli, Maksimalkan PSG

LINGGAU POS ONLINE, SUNGAI ROTAN – Kepiawaian Dodi Reza Alex Noerdin dalam mengelola alokasi anggaran pendidikan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menuai respon banyak pihak. Pasalnya, mantan anggota DPR RI dua periode ini berhasil memaksimalkan Program Sekolah Gratis (PSG) dengan menggratiskan seragam dan alat tulis bagi peserta didik jenjang SD-SMP sederajat di Kabupaten Muba.

“Utamanya kita harus meminimalisir adanya praktik pungutan liar (pungli) dan memaksimalkan PSG. Insya Allah kalau keduanya berjalan baik, pendidikan akan berjalan baik seperti yang sudah kami lakukan di Muba,” ungkapnya di hadapan ribuan warga Desa Sukarami Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim di sela kegiatan silaturahmi Doa Bergema, Kamis (7/6).

Dikatakan, PSG akan berjalan maksimal apabila peranan masing-masing kepala daerah di kabupaten/kota solid untuk mengedepankan program PSG.

“Kalau setiap kabupaten/kota solid untuk prioritas PSG, tentu tidak akan ada lagi pungli,” tegasnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sungai Rotan Ahyauddin menyebutkan warga Sungai Rotan sangat merasakan dampak dari PSG sejak 10 tahun belakangan.

“Ini harus berlanjut, Pak Dodi-Giri hanya satu-satunya kandidat yang secara tegas akan melanjutkan PSG,” imbuhnya.

Ia menambahkan, masyarakat Kabupaten Muara Enim berharap penuh kepemimpinan Sumsel yang akan datang dikomandoi oleh sosok yang memprioritaskan pendidikan dan kesehatan.

“Insya Allah, masyarakat Muara Enim sudah paham dengan pemimpin yang punya visi dan misi yang jelas dan memprioritaskan kepentingan masyarakat luas seperti sekolah dan berobat gratis,” jelasnya.

Pada kesempatan kegiatan silaturahmi Doa Bergema di Desa Sukarami Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim tersebut dihadiri ribuan warga yang diketahui sudah sejak lama menanti kedatangan Dodi-Giri untuk menyapa langsung masyarakat Kecamatan Sungai Rotan.(Rls/02)

Rekomendasi Berita