oleh

Berani Bakar Lahan, 15 Tahun Penjara Siap Menanti

LINGGAUPOS.CO.ID – Menghindari polusi udara, masyarakat tidak diperbolehkan membuka lahan dengan cara membakar. Makanya akan dilakukan tindakan tegas, jika ada yang melakukan.

Seperti dilakukan Polres Musi Rawas Utara (Muratara) terhadap tiga pelaku pembakaran lahan dan hutan di Desa Embacang Baru Kecamatan Karang Jaya, Selasa (6/4/2021) lalu.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto berpesan, “Mari kita jaga hutan dan lahan kita, supaya anak cucu kita nanti masi bisa menikmati keindahan alam Muratara,” ungkapnya.

Kapolres juga menjelaskan, sebagaimana yang dimaksud dalam rumusan Pasal 187 KUHP dan Pasal 108 UU No 39 tahun 2014 tentang perlindungan dan pengolahan lingkungan hidup dan penyertaan tindak pidana Jo pasal 56 KUHP, ada ancaman pidana bagi pelaku.

“Kepada masyarakat terkhusus di kabupaten Muratara, jangan berani membuka lahan dengan cara membakar jika tidak mau berurusan dengan hukum. Jika masih saja membandel, tunggu saja 15 tahun kurungan akan menanti,” tegasnya.

Kapolres juga mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten Muratara, untuk menjaga alam. “Jika memang mau membuka lahan silahkan lapor kepada kami, kemudian akan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk dicarikan solusi yang terbaik terkait pembukaan lahan,” tutupnya.(*)

Rekomendasi Berita