oleh

Bentuk Karakter Mandiri, Berani dan Disiplin

Ekstrakurikuler Pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler sekolah, yang membentuk karakter siswa mandiri, berani dan disiplin. Minggu ini, kita akan kembali ulas ekstrakulikuler Pramuka, yang kali ini ekstrakulikuler Pramuka di SMA Negeri 9 Lubuklinggau. Yuk simak.

Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 9 Lubuklinggau sudah berdiri sejak enam tahun silam. Ekstrakulikuler ini juga sudah ganti kepengurusan yang baru, yang sekarang memiliki anggota sekitar 20 orang di bawah binaan Ibu Endang Partiyem.

Bagaimana sistem latihannya?

“Kami latihan setiap Kamis, yang biasanya langsung setelah pulang sekolah. Sistemnya biasa materi dulu terus baru lapangan dan kadang juga langsung ke lapangan. Pematerian diisi oleh pembina ataupun senior. Sedangkan di lapangan, kami latihan LKBB dan belajar pionering,” jelas Ketua Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 9 Lubuklinggau, Meta.

Mereka juga memiliki nama khusus untuk sebutan ekstrakulikuler Pramuka mereka yaitu, PraSmanlan.

“Ketika latihan, kadang anggota yang cowok dan yang cewek gabung dan kadang juga pisah,” ungkap Meta.

Walaupun ekstrakulikuler mereka belum terlalu lama terbentuk, mereka sudah membuahkan beberapa prestasi misalnya, Juara 3 Lomba Melukis Pass Pramuka di SMA Negeri 2 Model Lubuklinggau tahun 2017. Dan ternyata nih gank, dua perwakilan mereka ikut dalam ajang Raimunas 2017 kemarin loh.

“Alhamdulillah dua orang perwakilan kami, ikut dalam ajang Raimunas 2017 kemarin,” tambahnya.

Apa saja  manfaat yang didapat dari ekstrakulikuler Pramuka?

“Manfaatnya lebih banyak mendapatkan pengalaman, serta melatih ketegasan atau kepemimpinan dan juga yang lainnya,” ujar Meta.

Bagaimana dengan respon sekolah terhadap ekstrakulikuler ini?

“Respon dari sekolah, Alhamdulillah baik, bagus. Sekolah mendukung penuh ekstrakulikuler Pramuka kami,” ungkap Ketua Ekstrakulikuler Pramuka SMA Negeri 9 Lubuklinggau.

Yas guys, masa SMA itu harus kita jalani dengan penuh semangat. Lakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Karena dari itulah kita bisa punya bahan untuk cerita masa SMA nantinya ketika sudah pada jadi mahasiswa he…he… Semangat!(s3)

Komentar

Rekomendasi Berita