oleh

Bentuk Karakter Anak Positif

LUBUKLINGGAU – RA Az Zuhdi merupakan lembaga pendidikan pra sekolah dengan sistem dan penerapan pesantren. Hasil yang diharapkan, anal didik RA Az Zuhdi jadi anak yang tidak hanya cerdas, tetapi juga anak yang memiliki akhlak mulia.

Untuk itu, Nurbaiti menjelaskan, delapan ucapan ajaib yang selalu ia terapkan dalam mendidik anak-anaknya di RA Az Zuhdi.

Pertama, ucapan salam yang selalu diajarkan dan dibiasakan ucapan adalah Assalamualaikum kepada anak agar terbiasa dengan salam yang Islami. Setiap masuk rumah atau masuk kamar orang tua atau ketemu orang lain, ucapannya selalu salam. Ucapan ini akan membentuk jiwa penuh kedamaian pada diri anak.

Kedua Zikir, membiasakan ucapan yang mengandung muatan zikir kepada Allah dalam merespons segala sesuatu. Misalnya Astaghfirullah, Subhanallah, Alhamdulillah, Masyallah, Insya Allah, Barakallah, dan lain sebagainya. Zikir menciptakan karakter taqwa pada diri anak. Ketiga, ucapan tolong, anak juga dibiasakan untuk mengucapkan kata ‘tolong’ setiap ia meminta bantuan kepada orang lain. Jika terbiasa dengan kata ini, akan tumbuh karakter rendah hati dan tidak sombong.

Lanjutnya, keempat, ucapan terima kasih, mengajarkan kepada anak agar biasakan mengucapkan kata terima kasih untuk berbagai hal yang positif, sebagai apresiasi kepada orang lain yang telah memberikan pertolongan bagi dirinya.

Anak yang tumbuh dengan menghargai orang lain akan menumbuhkan kebesaran jiwa. Kelima, ucapan maaf, ajarkan kepada anak untuk mudah meminta maaf walaupun ia tidak melakukan kesalahan. Apalagi jika ia memang melakukan kesalahan anak yang terbiasa meminta maaf akan tumbuh sikap empati dan kasih sayang.

Keenam, ajarkan anak untuk mengucapkan kata “okay” atau “iya” atau “siap” sebagai respons dari nasihat atau perintah dari orang tua. Terkadang saat ibu atau ayah meminta anak untuk melakukan sesuatu, ia hanya mengangguk atau bahkan diam saja.

Ungkapan ini membentuk karakter peduli dan menghargai.

Ketujuh, biasakan anak untuk meminta izin dalam berbagai kondisi. Misalnya minta izin untuk menggunakan benda yang bukan miliknya, hal ini membentuk karakter tertib. Terakhir, ajarkan anak berpikir dan bersikap optimistik atau “Aku bisa” adalah ungkapan optimistik, ini membuat anak tumbuh dengan percaya diri.

“Kata-kata atau ucapan-ucapan inilah yang harusnya selalu dibiasakan kepada anak, karena 8 ucapan ini jika dibiasakan akan membentuk karakter anak positif, dan insya Allah jika dibiasakan, anak-anak kita akan menjadi akan yang berakhlakhul kharimah,” ungkapnya. (rls/rrf)

Rekomendasi Berita