oleh

Bentuk Generasi Paskibra Profesional

MAN 1 Sukses Gelar Diklatsar Pamansam
MAN 1 Model Lubuklinggau sukses menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Pasukan Pengibar Bendera MAN 1 Model Lubuklinggau (Pamansam), 26-27 Januari 2019. Seperti apa kegiatannya?

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

KEPALA MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim membuka Diklatsar ini, Sabtu (26/1) sore. Hadir dalam kegiatan itu, Pembina Pamansam Rahman Santo Aji, Pelatih Jaka Sanjaya, panitia, guru dan peserta Diklat.

Taslim mengatakan kegiatan Diklatsar ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, yang pastinya sesuai dengan standar dan aturannya. Ia berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang seremonial setiap tahunnya, tetapi harus ada inovasi dan kreativitas yang baru serta ada perbaikan-perbaikan dari segi isi dan konten.

“Kalian adalah Pasukan Pengibar Bendera MAN 1 yang bertanggung jawab penuh pada penaikan bendera di madrasah ini. Tentunya kalian memiliki target menjadi Paskibraka nasional, provinsi, maupun kota. Dan yang saya harapkan, kalian bergabung dengan ekstrakulikuler Paskibra ini jangan hanya sekedar untuk mengejar target sebagai Paskibraka nasional, provinsi maupun kota, karena jika kalian begitu hanya nilai-nilai kesombongan yang kalian dapatkan,” jelasnya.

Tapi lanjutnya, niatkanlah dari awal masuk di dalam ekstrakulikuler Paskibra ini dengan tujuan untuk mengamalkan nilai-nilai baik dan positifnya.

“Karena, jika begitu dimanapun kalian berada, mau jadi Paskib nasional, provinsi maupun kota, kalian akan mendapatkan nilai-nilai kebaikannya, minimal satu nilai kebaikan, salah satunya disiplin, dari nilai ini kalian bisa menjadi contoh untuk diri sendiri, maupun orang lain. Apapun bentuk kegiatan, ambillah nilai kebaikannya. Sehingga, mau jadi Paskibra apapun dan dimanapun, jiwa Paskibra akan tertanam didiri kalian masing-masing,” ungkapnya.

Sementara Pembina Pamansam, Rahman Santo Aji melalui Pelatih, Jaka Sanjaya menjelaskan kegiatan ini kegiatan tahunan dalam rangka membentuk generasi Paskibra yang profesional.

“Kami berharap tahun ini Paskibra MAN 1 bisa lolos dalam Paskibraka Nasional dan Provinsi,”harapnya.

Ia juga menjelaskan kegiatan Diklat 26-27 Januari 2019 ini diisi dengan materi keorganisasian, materi tentang kedisiplinan bermasyarakat oleh pemateri dari Kamtibnas Kelurahan Kali Serayu, kemudian diisi juga dengan latihan LTBB oleh Aggota Brimob dan pengisian materi oleh anggota PPI Kota Lubuklinggau.

Paskibra MAN 1 Model Lubuklinggau pernah meraih prestasi dengan juara I LKBB di SMAN 2 Lubuklinggau, Juara III LPB tingkat kota/kabupaten serta mendapat predikat Juara Umum, dan pernah meraih Juara 3 tingkat putra dan Juara 2 tingkat putri dalam ajang 17 Agustus 1945 (hari kemerdekaan) pada tahun 2017. (*)

Rekomendasi Berita