oleh

Bentrok Pilkada, Satu Tertembak Tiga Diciduk

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Dugaan kecurangan berupa manipulasi penghitungan surat suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kikim Area disambut aksi unjuk rasa oleh puluhan massa pendukung salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Lahat periode 2018-2023, Jumat (23/1).

Pantauan pewarta, setibanya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) massa yang bergerak dari Kikim Area langsung dicegat oleh sejumlah petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Lahat. Setelah dilakukan pendekatan preemtif dan preventif oleh petugas, akhirnya massa bersedia menempuh jalan dialog dengan mengutus empat orang perwakilannya.

Sayangnya, dialog antara perwakilan massa demonstran dengan KPU menemui jalan buntu. Buntutnya, aksi demonstrasi pun berlanjut dan berupaya menerobos barikade “Police Line”.

Mengantisipasi tindak anarkis, puluhan personil pengendalian massa (Dalmas) pun diturunkan, lengkap dengan perlengkapan pengamanan. Dan benar saja, aksi demonstrasi yang awalnya berlangsung damai ini berujung anarkis.

Lemparan demi lemparan berbagai benda pun melayang ke arah barikade petugas. Tak hanya itu, sejumlah massa bahkan nekat menyerang front terdepan barikade Dalmas.

Tindakan tegas pun diambil. Sejumlah demonstran yang ditengarai menjadi provokator akhirnya diciduk oleh petugas Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) berpakaian preman, yang sudah disebar diantara massa. Tak terima rekan mereka ditangkap, aksi massa demonstran kian menjadi.

Mengatasi hal ini, Polres Lahat kemudian menurunkan kendaraan Water Canon. Di sisi lain, tembakan gas air mata pun dimuntahkan hingga akhirnya konsentrasi massa pun tercerai berai. Satu orang demonstran terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat terkena tembakan.

Demikianlah suasana simulasi sistem pengamanan (Sispam) Kota Operasi Mantap Praja Musi 2018 menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak bulan Juni mendatang.

Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi, SIK mengingatkan, Pilkada merupakan pesta demokrasi yang besar. Karena itu ia mengajak agar seluruh pihak terkait, khususnya jajaran Polres Lahat untuk turut menyukseskan pesta demokrasi ini.

“Sistem pengamanan kota ini untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dengan metode preemtif dan preventif,” jelasnya selaku Inspektur Upacara (Irup) sesaat sebelum simulasi. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita