oleh

Bendera Asal Garut Rambah Pasar Lubuklinggau Pernah Beromzet Rp10 Jutaan

LinggauPos Online – Bulan Juli belum berakhir. Namun suasana Hari Kemerdekaan 17 Agustus sudah terasa di berbagai pinggiran Kota Lubuklinggau. Merah putih mulai berkibar-kibar.

BEBERAPA penjual bendera dan umbul-umbul yang datang dari berbagai daerah seperti Garut dan Semarang memadati beberapa ruas sepanjang Jalan Yos Sudarso, Kota Lubuklinggau.

Seperti salah satu penjual bendera dan umbul-umbul, Umar, yang berasal dari Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Umar yang telah 2 tahun belakang ini menjual pernak-pernik bendera dan umbul-umbul mengaku datang langsung ke Lubuklinggau untuk menjual hasil jahitannya.

“Ini bendera dan umbul-umbulnya saya produksi sendiri dari Garut. Proses penjahitannya itu dari bulan September kemarin, sampai seminggu kemarin ke Lubuklinggau. Kurang lebih sebanyak 100 kodi bendera yang saya bawa ke Lubuklinggau,” jelas Umar.

Diakui Umar, bahwa ia telah berjualan bendera dan umbul-umbul sekitar 3 hari yang lalu. Ada 5 jenis bendera yang disediakan oleh Umar yakni mulai dari Umbul-umbul, bendera bandir, bendera background, dan bendera merah putih dengan berbagai macam ukuran.

“Kalau ukurannya itu macam-macam. Mulai dari bendera background panjangnya 5 sampai 10 meter. Terus yang umbul-umbul itu tingginya 3 meter, kalau bendera bandir itu tingginya 4 meter, nah untuk ukuran bendera merah putih juga bervariasi mulai dari 1,2 meter, 1,8 meter, sama 1,9 meter” jelas Umar, Selasa (23/7).

Untuk harga bervariasi mulai dari Rp5 ribu hingga Rp250 ribu. 2018 lalu Umar meraup omzet sampai Rp10 juta. Pilihannya untuk datang langsung ke Lubuklinggau dari Kabupaten Garut menurutnya tepat dikarenakan peluang yang besar.

Seharinya, Umar menyiapkan 20 kodi umbul-umbul yang mana 1 kodinya berisi 20 lembar umbul-umbul. Begitu juga dengan bendera bandir dan bendera merah putih, yang rata-rata ia siapkan 10 hingga 20 lembar bendera. Menurut Umar, kebanyakan masyarakat membeli umbul-umbul dan bendera merah putih yang berukuran sedang.

Sampai kemarin, (Selasa 23/7) sudah ada beberapa bendera buatan Umar dibeli masyarakat. Bagi anda yang ingin memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dan menyiapkan pernak-pernik bendera lainnya, anda dapat mengunjungi lapak Pak Umar yang berada di pinggir Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Majapahit atau tepatnya di dekat Rumah Makan Singgalang mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. (*)

 

Rekomendasi Berita