oleh

Belum Ajukan DD Tahap Tiga

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Hingga minggu akhir September 2018, dari 82 desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), belum ada satupun desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), yang mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga atau 40 persen.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Muratara, Firdaus melalui Kabid Pemdes, Zulyan Putra.

Menurut Zulyan Putra, penyaluran DD berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 225 Tahun 2017 tentang perubahan kedua atas PMK No. 50/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan DD.

“Secara aturan, desa bisa mengajukan DD tahap III pada Juli, dengan syarat penyerahan realisasi penyerapan dan capaian output DD tahap I sebesar 20 persen dan tahap II sebesar 40 persen,” kata dia, Kamis (27/9).

Dijelaskannya, setelah tahap ketiga cair, pemerintah desa, harus menyampaikan laporan realisasi penyerapan dan capaian output DD tahap I sebesar 20 persen dan tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 40 persen paling lambat Akhir Januari tahun berikutnya.

Sebagaimana untuk laporan akhir, diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.113 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa penyerahan laporan realisasi pelaksanaan APBDes disampaikan paling lambat akhir Januari tahun berikut.

“Kita imbau kepada desa yang sudah merealisasikan DD tahap kedua, untuk segera menyampaikan laporannya, dan tentu bisa berlanjut kepada pengajuan tahap ketiga, apabila laporan sudah sesuai dengan Juknis dan aturan yang ada,” imbau dia.(asd)

Rekomendasi Berita