oleh

Belum Ada Desa Cairkan Dana Desa

Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara Firdaus
” Sebenarnya dalam hal pencairan DD tahap pertama tahun ini, lebih mudah dibandingkan dengan pencairan DD tahap kedua dan ketiga nantinya. ..”

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Meski tak memerlukan RPJM Desa dan RKP Desa, hingga saat ini tak satu pun desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Muratara Firdaus saat diwawancarai, Rabu (11/4) menjelaskan belum adanya pencairan DD tersebut dikarenakan adanya verifikasi ulang Petunjuk Teknis (Juknis) sebagaimana Peraturan Menteri Desa (Permendes) No. 19 tahun 2018 tentang Juknis pencairan DD.

“Belum adanya pencairan DD tahap pertama tahun ini dikarenakan adanya verifikasi ulang Juknis tentang pencairan DD,”ucapnya kemarin.

Menurut Firdaus, sebenarnya dalam hal pencairan DD tahap pertama tahun ini, lebih mudah dibandingkan dengan pencairan DD tahap kedua dan ketiga nantinya. Di mana pemerintah desa tidak perlu menyampaikan RPJM Desa dan laporan penggunaan DD sebelumnya karena belum ada pencairan.

“Dalam pencairan DD tahap pertama tahun 2018, Pemerintah desa hanya menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes),” bebernya.

Lebih lanjut saat disinggung mengenai adanya 12 desa yang di Provinsi Sumatera Selatan melakukan penyelewengan DD, Firdaus membenarkan sebagaimana disampaikan oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain, Namun ke 12 desa tersebut bukan berada di Kabupaten Muratara.

“Iya ada, tapi kalau tidak salah menurut Kapolda, Muratara maupun Musi Rawas clean, maksudnyo belum ada,” sebutnya. (12)

Rekomendasi Berita