oleh

Belum Ada Desa Ajukan Pencairan DD

Tahap II

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Belum ada satupun desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang mengajukan proses pencairan Dana Desa (DD) tahap II. Karena sejumlah desa sedang proses pengelolaan DD tahap I.
Bahkan dari 82 desa, masih ada yang belum mencairkan DD tahap I. Sehingga dipastikan sama sekali belum melakukan pembangunan di desanya.

Desa yang belum mencairkan DD Tahap 1yakni Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu dan Desa Pauh Kecamatan Rawas Ilir.

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Muratara, Firdaus melalui Kabid Pemerintah Desa, Husin Haikal mengatakan untuk desa-desa saat ini masih melakukan pembangunan dari DD tahap pertama.

“Setidaknya sudah lebih dari saparuh jumlah keseluruhan desa di Kabupaten Muratara yang mulai pembangunan selebihnya belum, kalau seharusnya sekarang Pemdes sudah pengajuan pencairan DD tahap II,” kata Husin Haikal.

Dijelaskannya, dalam hal memulai pembangunan atau titik nol ada desa yang tidak memberitahukan atau mengundang lagi pihak DPMD-P3A Kabupaten Muratara.

“Ada juga yang memberitahukan dan mengundang tapi kito idak menghadiri lantaran tumburan kegiatan lain,” beber dia.

Untuk diketahui berdasarkan buku laporan surat pemberitahuan hingga sekarang, baru tercatat 45 desa yang sudah titik nol sisanya yakni 27 desa belum melakukan titik nol atau pembangunan.

Misalkan di Kecaman Rupit baru dua desa yang sudah titik nol yakni Desa Karang Waru dan Desa Karang Anyar.(12)

Rekomendasi Berita