oleh

Belasan Kandidat Rebutan Jadi Kontestan Pilkada 2020 di Musi Rawas

LINGGAU POS ONLINE- Belasan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) telah mengambil formulir pendaftaran ke sejumlah Partai Politik (Parpol). Mulai dari petahana H Hendra Gunawan dan Hj Suwarti, hingga politisi dan pengusaha yang bakal meramaikan kontestasi.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, bakal calon bupati yang sudah mengambil formulir pendaftaran ke DPC PDIP, yakni H Hendra Gunawan, H Andrianto, H Akmaludin, Lendri Alfikar, Mayor (Laut) Zainubbi, Firdaus Cekolah, Bambang Suradi, Ir Istiwan, dr H Victor Andrianto dan H Heri Purwanto.

Kemudian, yang sudah mengambil formulir pendaftaran ke DPD II Partai Golkar Kabupaten Mura, yakni H Hendra Gunawan, dr H Victor Andrianto, H Andriyanto, Firdaus Cekolah, Rosalia, H Rodi Wijaya, Siska Marleni, H Efmi Pandai, Syamsul Bahrun Zainubbi dan Sunanto.

Selanjutnya yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC PKB, H Hendra Gunawan, Hj Ratna Machmud, H Akmaludin, Triono, H Alamsyah A Manan, dr H Victor Andrianto dan Siska Marleni, Wahyu Sumadi dan H Efmi Pandai. Lalu, kandidat yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC partai Gerindra, H Hendra Gunawan, Siska Marleni dan Efmi Pandai. Sedangkan kandidat yang sudah mengambil formulir pendaftaran ke DPD PAN, H Hendra Gunawan, Hj Suwarti, Hj Ratna Machmud, Firdaus Cekolah, H Akmaludin, H Alamsyah A Manan, H Amir Hamzah, Triono, Rosalia, Siska Marleni, H Efmi Pandai, H Rodi Wijaya, H Andrianto dan dr H Vioctor Andrianto.

Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin mengatakan Parpol atau gabungan Parpol dapat mendaftarkan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD di daerah yang bersangkutan.

“Artinya, Parpol atau gabungan Parpol yang dapat mengusung kontestan Pilkada, minimal menempatkan delapan orang wakilnya di legislatif. Karena, jumlah Anggota DPRD Mura sebanyak empat puluh orang,” kata Syarifudin, Minggu (24/11).

Adapun rincian perolehan kursi Parpol di DPRD Kabupaten Mura, PDIP 8 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai NasDem dan Gerindra masing-masing 5 kursi. Lalu, PAN 4 kursi, PKS, Partai Demokrat dan PKB masing-masing 3 kursi, serta Partai Hanura dan PBB masing-masing 1 kursi.

Ia menjelaskan, bila kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mura berniat maju melalui jalur perseorangan atau independen, KPU Kabupaten Mura telah menetapkan syarat jumlah minimal sebanyak 24.612 dukungan. Penetapan jumlah minimal dukungan pasangan calon adalah bagian dari tahapan Pilkada yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan yang harus dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2019.

“Dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50 persen atau lebih jumlah kecamatan di Kabupaten Mura. Artinya persebaran dukungan pasangan calon perseorangan paling sedikit tersebar di delapan kecamatan,” jelasnya.

Pihaknya sebagai penyelenggara pemilu siap memberikan informasi kepada setiap kandidat yang berniat maju di Pilkada ini. Caranya, dengan mendatangi Sekretariat KPU Kabupaten Mura di Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti.

“Pintu kami selalu terbuka untuk masyarakat, maupun bakal calon kontestan terkait informasi tahapan yang tengah berlangsung,” ujarnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita