oleh

Belajar Pencak Silat untuk Keselamatan Diri

Ekstrakulikuler Pencak Silat SMK Yadika Lubuklinggau, terbentuk sejak tahun 2013 lalu. Ekstrakulikuler ini wadah untuk siswa, agar bisa belajar bela diri. Mengingat, ilmu bela diri sangat penting, untuk membela diri ketika ada bahaya mengancam.

Mereka (anggota ekstrakulikuler pencak silat, red) pun, memiliki nama khusus yaitu Ekstreakurikuler Pencak Silat PSHT, atau Persaudaraan Setia Hati Terate.

“Sebenarnya PSHT itu sendiri sudah ada sejak 1922 silam, namun baru beberapa tahun belakang kami membentuknya di sekolah kami,” ungkap Ni Wayan Seni Savera, selaku salah seorang pelatih (anggota senior) ekstrakulikuler Pencak Silat PSHT, SMK Yadika Lubuklinggau

Ekstrakulikuler mereka saat ini, baru membentuk kepengurusan yang baru, dengan bimbingan Pak Teguh Karya selaku pelatih. Ditambah 6 orang pelatih (dari anggota senior PSHT) dan 13 orang anggota.

Bagaimana sistem latihannya??

“Kami latihan setiap hari Selasa sepulang sekolah. Kami di sini sistemnya fisik, materi, dan seni senam jurus dan kami juga full di lapangan. Kalau materi pasti mencakup tentang ekstrakulikuler kami yang diisi langsung oleh para pelatih dan langsung dilanjutkan dengan pembelajaran teknik nya juga,” jelasnya lagi.

Pencak silat dengan karate itu jelas berbeda ya Smarters, “Bedanya di cara pelatihannya, segi materi, warna baju juga kalau Pencak silat PSHT warna hitam dan kalau karate warna putih. Di PSHT ini lebih mengutamakan persaudaraan, melatih konsentrasi dan gerakan tangan dan kaki, beda dengan di karate yang mengutamakan kekuatan dan gerakan kaki,” tambah nya lagi.

Nah gitu guys perbedaannya. Mereka juga pernah meraih Juara 2 dalam acara Walikota Cup 2017 lalu.

Manfaat yang didapat dari ekstrakulikuler ini pastinya sanga penting untuk keselamatan diri kita sendiri. Bukan hanya laki-laki saja loh, perempuan juga penting untuk menjaga keselamatan diri. Apalagi sekarang banyak sekali kasus-kasus yang menyeramkan untuk dunia remaja.

Jika kita sudah punya bekal bela diri, jangan sampai disalahgunakan ya Smarters. Gunakanlah bekal yang kita punya untuk kepentingan yang bermanfaat, yang memang harus kita gunakan untuk keselamatan diri kita dan orang-orang di sekitar kita juga. Selamat berakhir pekan!(s3)

Komentar

Rekomendasi Berita