oleh

Belajar Peduli Pada Lingkungan

Pecinta Alam MAN 2 Latihan Pendidikan Dasar

Jumat (21/12), siswa MAN 2 Lubuklinggau yang tergabung dalam ekstrakulikuler pecinta alam melaksanakan Pendidikan Latihan Dasar Angkatan IX.

Laporan Qory Musdalipa, Lubuklinggau

KEGIATAN dibuka Kepala MAN 2 Lubuklinggau Saipul Basin, Jumat (21/12). Kegiatan ini dihadiri Waka Kesiswaan Joharudin, Pembina Mandapala Meriansyah dan beberapa dewan guru serta siswa anggota baru Mandapala.

Saipul Basin didampingi Meriansyah menjelaskan kegiatan Pelantikan dan Diklatsar Mandapala digelar 21-23 Desember 2018. Ada 16 siswa yang aktif dalam ekstrakulikuler Mandapala ini.

“Sebelumnya ekstrakulikuler Mandapala ini sempat vakum, dan mulai aktif sejak tahun lalu. Hanya saja seluruh pengurus sebelumnya sudah kelas dua belas dan sudah mulai disibukkan dengan persiapan ujian nasional, jadi kita merekrut kembali anggota Mandapala kelas X dan XI. Dan hari ini pelantikan sekaligus pelaksanaan Diklat-nya,” jelasnya.

Didampingi Ketua Mandapala, Ilham, Meriansyah juga menjelaskan kegiatan Diklatsar ini akan diisi dengan kegiatan materi mengenai pencinta alam, keorganisasian, kepemimpinan, materi dasar survival (bertahan hidup) dan kegiatan fisik lainnya.

Meriansyah juga menjelaskan banyak sekali manfaat dari kegiatan pencinta alam untuk siswa siswi, diantaranya melatih introspeksi diri, melatih untuk bermotivasi tinggi, melatih ketanggapan dalam membuat keputusan, melatih kedisiplinan, mempertebal keimanan, dan membangun rasa solidaritas antar sesama generasi bersama, yang sesuai dengan tema Diklatsar membangun solidaritas generasi bersama dan semangat baru.

“Saya berharap kedepannya mandapala semakin aktif dan anggota siswa siswi dapat semakin mencintai alam dan menjaga lingkungan terutama di lingkungan MAN 2 Lubuklinggau,” harapnya. (*)

Rekomendasi Berita