oleh

Belajar Kontrol Emosi dengan Memanah

LINGGAU POS ONLINE, BELALAU I – Olahraga Panahan (Archery) merupakan olahraga yang sederhana, namun membutuhkan teknis yang rumit. Untuk peralatannya, olahraga memanah cukup dengan busur dan arrow-nya.

Lembaga pendidikan yang mengadakan ekstrakulikuler memanah, yakni Sekolah Alam Lubuklinggau Islamic Life School Insan Mulia Lubuklinggau. Sekolah yang terletak di Jalan Jambi KM II RT.02 Kelurahan Belalau I, Kecamatan Lubuklinggau Utara I ini memiliki fasilitas lengkap olahraga memanah atau kerap disebut panahan.

“Olahraga panahan ini salah satu olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW dan bukan merupakan olahraga ekstrem yang memerlukan kekuatan yang besar. Selain itu olahraga panahan ini memiliki banyak keunggulan dan manfaat bagi pegiatnya. Bahkan, olahraga ini bisa diikuti oleh semua kalangan usia serta menjadi sarana pembelajaran karakter anak bangsa,” jelas Kepala Sekolah Alam Insan Mulia, H Warman, Kamis (24/5).

Olahraga panahan ini bisa untuk pembentukan kesehatan fisik, yaitu dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain kesehatan fisik yang didapat, olahraga panahan juga melatih pembentukan karakter dalam diri kita.

Menurut Ust Warman, sifat yang bisa kita pelajari dari olahraga memanah, diantaranya pertama, fokus. Maksudnya dalam olahraga panahan, kita belajar untuk fokus atau konsentrasi pada sasaran dan target yang ingin kita tuju. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, berarti kita harus mempunyai tujuan hidup. Sehingga, kita akan fokus dan berupaya seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan tersebut.

Kedua, calm atau ketenangan, maksudnya dalam memanah dapat melatih ketenangan dalam diri, melalui cara berdiri yang tegap, pengaturan pernapasan, dan bersikap tenang menghadapi gangguan dari lingkungan eksternal.

Ketiga, kontrol. Maksudnya olahraga panahan melatih diri kita untuk dapat mengontrol emosi. Kita tidak boleh terburu-buru saat ingin melesatkan anak panah, harus mempertimbangkan waktu yang tepat. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, kita belajar untuk tidak bertindak secara tergesa-gesa, tetapi kita harus membuat keputusan setelah mempertimbangkan berbagai aspek.

Dan Keempat, berani, yakni dalam  memanah melatih keberanian kita dalam mengambil keputusan. Saat ingin melesatkan anak panah, kita tidak boleh ragu-ragu. Jika kita ragu-ragu, maka kekuatan yang dikeluarkan tidak akan maksimal dan anak panah pun akan melenceng dari target. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, kita belajar untuk berani dalam mengambil keputusan, karena setiap keputusan yang kita ambil mempunyai risiko dan kita harus bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang kita buat.

“Jadi banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari melakukan olahraga memanah, oleh karena itu di SA Insan Mulia semua siswanya diharuskan bisa melakukan olahraga memanah. Di waktu senggangnya mereka juga berlatih dan kebanyakan dari mereka sangat menyukai olahraga panahan tersebut. Bahkan siswa-siswi dari sekolah lain juga sering berlatih panahan di sekolah Alam ini,”ungkap Ust Warman.

Penting diketahui di Indonesia, panahan sudah terdaftar sebagai cabang olahraga yang sering dilombakan pada olimpiade-olimpiade. Beberapa tahun belakangan ini, olahraga panahan mulai dilirik oleh banyak orang dan mulai menjadi tren olahraga masa kini. (AE02)

Rekomendasi Berita