oleh

Belajar Hidup Mandiri

Ekstrakurikuler Pramuka SMKN 1 Lubuklinggau, mempunyai segudang ilmu dan cerita yang menarik untuk disimak di setiap kegiatannya. Seperti ekstrakulikuler lainnya, ekstrakulikuler Pramuka ini sudah terbentuk sudah sejak lama, dan sudah memiliki anggota 35 orang dari kelas X dan XI.

Sistem latihannya gimana?

“Kami latihan setiap Jumat dan Sabtu, dengan sistem militer namun santai. Pertama kami di beri materi dulu mengenai Kepramukaan serta materi lainnya. Setelah itu biasanya praktek ke lapangan untuk belajar baris-berbaris,” kata Aisyah Amini, anggota Pramuka SMKN 1 Lubuklinggau.

Ada nama panggilan khusus nggak sih ?

“Ada, sering kita sebut Trisula Team,” ungkapnya.

Apa sih manfaat gabung diekstrakulikuler Pramuka?

“Manfaatnya kita bisa belajar bagaimana cara berorganisasi, belajar berbicara di depan umum, cara menghormati kakak kelas, yang lebih tua maupun teman sebaya. Selain itu, bisa lebih disiplin dalam hal apapun, mendapatkan banyak teman di sekolah bahkan dari luar sekolah, serta dengan bergabung di organisasi Pramuka, kita bisa banyak mendapatkan pengalaman yang luar biasa,“ jelasnya.

Ada agenda khusus?

“Agenda khusus kami mengadakan pelantikan satu tahun sekali, sebagai tanda sudah resmi menjadi Pramuka penegak, serta mengadakan hiking,” ungkapnya.

Pernah membuahkan prestasi?

“Terakhir kami mendapatkan juara 2 lomba miniatur pionering, yang di adakan Pramuka Saka Bhayangkara Polres Lubuklinggau,” tambahnya.

Gimana rasanya tampil saat mengikuti lomba?

“Yang jelas merasa deg-degan, takut tidak bisa nampil maksimal, grogi, tapi yang jelas berusaha dulu dalam mengikuti lomba,“ ungkapnya.

Pernah bosan gak ikut latihan?

“Ada sih terkadang suntuk dengan tema latihan yang seperti itu aja, tapi ada aja saat latihan yang buat ketawa sampai jadi lupa kalau hari sempat nggak mau latihan,” jelasnya.

Boleh tahu, apa saja syarat menjadi penegak?

“Syarat menjadi penegak Pramuka khususnya di SMKN 1 Lubuklinggau, harus mengikuti pelantikan penegak yang sah, baru resmi jadi penegak, dan mengikuti peraturan yang telah di terapkan pihak sekolah,” katanya.

Apa sanksi jika ada yang terlambat?

“Sanksinya yaitu mendapatkan hukuman seperti lari lapangan, push up, dan di suruh buat kerajinan yang jelas bisa membuatnya tidak melakukan kesalahan lagi,”tutupnya. (s4)

Rekomendasi Berita