oleh

Belajar Bongkar Pasang Senjata

LUBUKLINGGAU – Anggota Pramuka Saka Wira Kartika dididik membongkar pasang senjata serbu dan ringan, Minggu (20/1). Hal itu dilakukan untuk pengenalan senjata di area Kodim 0406/MLM Lubuklinggau.

Ketua Harian Saka Wira Karika, Kapten Inf Muhammad Assad menjelaskan, latihan pengenalan senjata dilakukan dalam dua tahap, membongkar dan memasang senjata. Hal ini diadakan untuk melatih kedisiplinan tata cara memegang, memberi yang aman kepada rekan.

“Pelatihan pengenalan senjata ini salah satu materi dari Kodim 0406/MLM Lubuklinggau. Selain mereka mendapatkan ilmu dari ekstrakulikuler kepramukaan di sekolah, kami dari Satuan Kodim memberikan materi yang tidak diajarkan dari sekolah,” tutur Muhammad Assad, kemarin.

Dengan adanya pengenalan senjata pada anggota Pramuka itu, bisa memberikan kesempatan, motivasi, dan mendidik mental kepada siswa-siswi Saka Wira Kartika agar lebih profesional, hingga menjadi anggota militan sebagai komponen pendukung cadangan untuk mempertahankan NKRI di masa yang akan datang.

Anggota Saka Wira Kartika yang mengikuti latihan gabungan di Kodim 0406/MLM berjumlah 80 orang dari kepramukaan tingkat SMA dan SMK di daerah Kabupaten Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kota Lubuklinggau.

Selain pengenalan senjata, mereka juga dilatih lima krida. Seperti Krida Penanggulangan Bencana Alam, Pioneers, Mountainering, Navigasi Darat, dan Survival. Bahkan, Anggota Saka Wira Kartika Kodim 0406/MLM Lubuklinggau dididik berkegiatan positif untuk menjadikan pemimpin.

“Keuntungannya mengikuti kegiatan ini, yakni penambahan ilmu yang berguna bagi diri sendiri dan masyarakat. Dengan begini, harap kami bisa menjauhkan mereka dari tindakan kenakalan remaja, salah satunya pergaulan bebas, dan narkoba,” imbuhnya. (cw4)

Rekomendasi Berita