oleh

Begini Modus Bandit Spesialis Rampok Mobil Rental Beroperasi

LINGGAUPOS.CO.ID –  Sat Reskrim Polres Lubuklinggau, Selasa (11/2/2020) melakukan pers rilis terkait ungkap kasus sindikat perampokan mobil rental, yang beraksi di Lubuklinggau. Tersangka diperkirakan ada delapan orang, tiga orang yang sudah ditangkap.

Tiga orang yang sudah ditangkap adalah, Andi Darwin (25) warga Desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara. Andeni Afriyuliansah (31) warga Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu serta Arbain (25) warga Desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu.

“Modus ini sebetulnya sudah sering dialami sopir travel dan rental. Tetapi jarang cepat kerangkap, biasanya agak lama. Alhamdulillah, Minggu (9/2/2020) dapat. Bahkan 1 x 24 jam sudah dapat tersangka ini,” kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono didampingi Wakapolres Kompol Raphael BJ Lingga dan Kasat Reskrim, AKP Alex Andriyan.

Baca juga Tinggalkan Korban di Hutan, Spesialis Rampok Mobil Rental Diringkus

Aksi perampokan tersebut, dijelaskan terjadi di Jalan Sukarno Hatta depan SMAN 3 Lubuklinggau Kelurahan Petanang Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Sabtu (8/2/2020) sekitar pukul 03.00 WIB.

Kronologisnya, Jumat (7/2/2020) sekitar pukul 14.00 WIB, korban Darmawan (42) warga Lorong Cempedak Palembang, mendapat jasa order dari temannya Ardi di Palembang, untuk mengantarkan penumpang tujuan Lubuklinggau dan Sarolangun, Jambi, dengan tarif Rp600 ribu per hari.

Kemudian korban menjemput tersangka Jaka (DPO) dan tersangka Arbain di depan pempek Candy, Palembang. Mereka kemudian menuju Lubuklinggau, sekitar pukul 15.00 WIB.

Sabtu (8/2/2020 )sekitar pukul 03.00 WIB, korban dan dua orang tersangka sampai di Lubuklinggau. “Dan tersangka minta diantarkan pada teman tersangka di Hotel Royal, setelah itu naik satu lagi teman tersangka yakni Tamimi (DPO) yang turun dari mobil Xenia. Para tersangka mengakui, di dalam mobil Xenia ada teman mereka, yang ingin iringan ke Sarolangun,” tambah Kapolres.

Posisi saat itu di dalam mobil, tersangka Tamimi duduk di tengah belakang korban, Jaka disebelah kiri. Sedangkan Arbain duduk di depan atau disamping korban. Sementara mobil Xenia dikemudikan tersangka Andeni bersama seorang perempuan.

Di perjalanan, tersangka Tamimi berpura-pura ingin menjemput dua orang teman perempuannya di Hotel 929 Petanang. “Setelah itu mereka baru berangkat ke Sarolangun. Baru sampai di depan SMAN 3 Lubuklinggau, dari belakang leher korban dijerat oleh tersangka Tamimi pakai tali tambang,” kata Kapolres.

Kemudian menutup kepala korban dengan kain hitam. Tersangka Jaka (DPO) mengikat tangan korban ke belakang. Selanjutnya korban di pindahkan ke kursi belakang. Lalu pelaku juga mengikat kaki korban, sambil mengancam akanmembunuh korban kalau bergerak.

“Setelah melumpuhkan korban, pelaku membawa korban keliling sekitar 1 jam, korban sempat dipindahkan dari satu mobil, ke mobil lainnya. Selanjutnya korban diturunkan di Desa Pulau Lebar Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara.

Korban diikat di pohon, saat itu salah satu tersangka sempat melepaskan tembakan empat kali keatas dengan tujuan menakut-nakuti korban. Lantas para tersangka meninggalkan korban dan setelah beberapa jam, korban berhasil menyelamatkan diri dan dibantu warga.

Kapolres menambahkan, pelaku pencurian mobil rental dengan modus modus pura-pura merental mobil pelakunya diduga berjumlah delapan orang. Dan dari jumlah tersebut, Polisi baru mengamankan tiga tersangka.

Sementara itu, tersangka  Andi Darwin, mengaku dirinya hanya ikut-ikutan. Mulanya ia di dusun sedang duduk-duduk. Lantas diajak rekannya untuk ke Lubuklinggau. “Kami ngomong ngapoi di Linggau? Dio ngomong rencanonyo nak ngambek mobel. Agek ado wong datang,” katanya.(*)

Rekomendasi Berita