oleh

Begini Agar Barang Daganganmu Dilirik Konsumen se-Dunia

-Lubuklinggau-313 dibaca

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Di era digital, masyarakat saat ini dituntut untuk memanfaatkan era teknologi tersebut, agar mampu menunjang dan meningkatkan perekonomian keluarga. Hal ini menjadi alasan pemerintah, mengajak konsultan digital marketing serta top seller Lazada Jawa Timur, untuk memberikan motivasi melalui seminar, Jumat (8/12).

Konsultan digital marketing asal Jakarta, Andreas Agung Bawono serta top seller Lazada Jawa Timur, Umi Tunsini sengaja diundang oleh Pemkot Lubuklinggau melalui Diskominfo, untuk menjelaskan mengenai marketing digital, yang nantinya berdampak untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Saat dibincangi Andreas Agung Bawono mengatakan, perkembangan pemasaran digital (digital marketing) di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup menjanjikan dari waktu ke waktu.

“Dengan penetrasi internet dan media sosial yang terus menanjak naik di antara lebih dari 260 juta penduduk Indonesia, kini memperlihatkan potensinya sebagai target pasar yang cukup menjanjikan di Asia Tenggara. Terutama dalam urusan pemasaran produk,” kata Andreas, sapaan akrabnya.

Lanjutnya, saya sehari-harinya tidak terlepas dari dunia internet, karena dari internet mempunyai segudang ilmu dan bisa menghasilkan uang. Banyak produk jualan yang dijual di internet, tidak repot-repot untuk pergi ke kota lain.

Pada era digital internet sekarang, sudah sangat berkembang dan bermanfaat untuk semua orang. Sebuah kesempatan besar bagi kita semua untuk mempromosikan dan menawarkan produk khas daerah.

“Banyak sekali manfaat dunia internet,dahulu kalau ada toko cuma orang sekitar saja yang tahu,tetapi semenjak ada internet ini barang yang dijual semua orang tahu, kalau di promosikan di internet,bukan di Kota kita sendiri saja bahkan sampai ke luar negeri,” jelasnya

Prilaku pengguna internet di Indonesia sebagai tempat menawarkan atau mencari barang dan jasa yaitu mencapai 98.6 %, konten komersial yang sering dikunjungi di online mencapai 82.2 %. Dan untuk konten media sosial yang sering dikunjungi di Fecebook 71.6 %, Instagram 19.9 %, Youtube 14.5 %.

“Barang semuanya bisa dijual di internet, dan saat ini barang yang laku di jual di internet seperti jilbab, baju, celana, makanan, sepatu dan lain-lain,” jelasnya.

Lanjut pelaku bisnis online Umi Tursini menyampaikan, kita harus mengikuti kemajuan jaman,kalau mau menjual produk di online itu harus rajin promo, dan kualitas barangnya harus bagus dan bermutu biar tidak mengecewakan pelanggan,” ucap Umi.

“Hal paling penting yang harus lakukan sebagai calon pengusaha online adalah menentukan siapa target dari produk atau jasa kita. Kita tidak mungkin memuaskan semua orang. Artinya kita harus membuat target yang lebih spesifik. Spesifik memudahkan kita untuk melakukan strategi pemasaran seperti konsep iklan,dan harga jual,” jelasnya

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana mengatakan, untuk dunia online ini semua orang bisa,tidak untuk mengeluarkan dana yang terlalu besar.

Harapannya, khusus masyarakat Kota Lubuklinggau baik itu mahasiswa, anak sekolah ,orang dewasa, ini suatu peluang usaha yang besar. Karena pekerjaan itu bukan kita datang ke suatu kantor saja, kita bisa melakukannya di rumah juga,salah satunya bisnis online ini,semoga masyarakat terpikir ke situ,” harapnya.(CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita