oleh

Begal Dihukum 4,5 Tahun Bui

LINGGAU POS ONLINE – LUBUKINGGAU – Muslim (40) warga Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura) divonis empat tahun enam bulan (4,5 tahun) oleh Majelis Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, Selasa (16/7) sekitar pukul 13.30 WIB.

Menurut Majelis Hakim Dian Triastuty SH, Tatap Situngkir SH dan Syahreza Papelma SH dengan Panitera Pengganti (PP) Rosmiati SH, Muslim melanggar Pasal 365 ayat (2) Ke- 2 KUHPidana.

Adapun hal-hal yang memberatkan, perbuatan Muslim meresahkan masyarakat dan merugikan orang lain. Sedangkan hal-hal yang meringankan, selama menjalani persidangan terdakwa bersikap sopan, serta menyesali atas perbuatannya.

Vonis ini, lebih ringan dari tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ayu Soraya, SH yang digantikan oleh JPU Hasbi SH. JPU sebelumnya menuntut lima tahun penjara.

Mendengarkan vonis ini, terpidana yang duduk di kursi persakitan hanya bisa tertunduk. Namun ia pun menerima vonis itu, begitu juga JPU.

Terpidana Muslim, adalah pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) atau juga sering disebut begal.

Selasa 1 Januari 2013 sekitar pukul 15.00 WIB, terpidana bersama Ian melakukan aksi begal sepeda motor Yamaha Jupiter Z dengan Nomor Polisi (Nopol) BN 6067 MB, tas ransel warna hitam yang berisi pakaian dan uang Rp700 ribu milik Rospita Dewi.
Bermula korban bersama dengan saksi Yuyun Yulia hendak melintas di Jalan Lintas Sumatera Desa Petunang dengan mengendarai sepeda motor, menuju Base Camp PT. Djuanda Sawit di Desa Lubuk Pandan.

Kemudian terlihat oleh korban terpidana bersama Ian memberhentikan secara paksa laju sepeda motor. Setelah berhenti, terpidana mendekati korban sambil menodongkan pisau, sedangkan tersangka Ian dari arah lainnya menodongkan senpi.

Korban dan Yuyun merasa takut dan terancam hanya bisa pasrah dan diam. Kemudian terpidana langsung mengambil sepeda motor korban dengan paksa, dan langsung membawa kabur meninggalkan korban dan Yuyun.

Korban yang tidak terima atas prilaku terpidana, langsung melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian terdekat untuk di tindak melalui jalur hukum, dan petugas berhasil meringkus terpidana. (yan)

Rekomendasi Berita