oleh

Bedeng 10 Pintu Terbakar

MUSI RAWAS – Satu unit rumah sewa (bedeng) 10 pintu di Desa Muara Rengas Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas (Mara) ludes terbakar. Kebakaran rumah semi permanen terbuat dari kayu itu terjadi Minggu (20/1) sekitar pukul 07.00 WIB. Dugaan sementara api berasal dari korsleting arus listrik.

Menurut saksi mata di lapangan, kondisi angin kencang saat kejadian kebakaran, membuat api cepat membesar. Akibatnya dalam waktu sekitar 30 menit bedeng 10 pintu milik Husin tersebut ludes tidak tersisa. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja kerugian materil ditaksir lebih kurang Rp500 juta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas, Paisol menjelaskan berdasarkan data diterima di lapangan. Api tidak hanya membakar rumah saja. Tapi juga membakar beberapa unit kendaraan milik penghuni di bedeng itu.

Antara lain dua unit mobil pick up, 12 unit motor, tiga unit mesin diesel, satu unit genset, dua unit ampere listrik serta peralatan rumah tangga. Bedeng tersebut, disewa tujuh orang penghuni, tiga orang masing-masing menyewa dua pintu, dan empat orang satu pintu.

“Kita akan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk tindakan lebih lanjut, terhadap pihak korban yang tertimpa musibah kebakaran ini,” kata Paisol.

Camat Muara Lakitan, Freewan Novia saat dikonfirmasi membenarkan telah terjadi kebakaran menghanguskan 10 bedeng. Pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap korban kebakaran. Selain itu melakukan persiapan untuk memberikan bantuan terhadap para korban.

“Pendataan sudah dilakukan, tinggal menyiapkan bantuan saja. Insya Allah hari ini (kemarin, red) bantuan akan kita berikan,” kata Freewan Novio. (dlt)

Rekomendasi Berita