oleh

BBGRM Bagian Budaya Bangsa

TAHUN ini kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) diadakan di RT 5 dan 6 Kelurahan Lubuklinggau, Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten I Setda Kota Lubuklinggau, H Ibnu Amin, dihadiri Tim Penilai BBGRM Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang di ketuai Fihrin Siregar beserta rombongan.

Hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPPPAPM) Kota Lubuklinggau Heri Zulianta, Sekretaris Camat Lubuklinggau Barat II Wahyu Lindra, Kepala Kelurahan Lubuklinggau Ulu Serliza Maharani.

Dalam sambutannya, H Ibnu Amin mengatakan bahwa gotong royong merupakan nilai-nilai asli nusantara yang diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi di dalam lingkungan budaya bangsa Indonesia.

Gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu dilestarikan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperkuat nilai sosial masyarakat di desa, dan kelurahan sebagai basis memperkokoh daerah dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk melestarikan nilai gotong royong melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan perlu dilaksanakan kegiatan BBGRM yang mengikutsertakan seluruh golongan masyarakat. Seperti diketahui BBGRM merupakan kegiatan gotong royong masyarakat, dalam satu bulan penuh yang merupakan akumulasi kegiatan gotong royong selama 11 bulan dalam satu tahun.

“Penilaian kelurahan diadakan setiap tahunnya, khusus Kota Lubuklinggau kita bangga, Kelurahan Lubuklinggau Ulu yang dulu terkenal sebagai kampung preman dan kumuh, sekarang sudah di sulap jadi daerah yang menjadi pusat wisata bagi masyarakat bukan hanya masyarakat Lubuklinggau tetapi ada yang dari Palembang, Bengkulu, dan sebaginya. Hal ini bukan semata-mata kerja keras dari Walikota H Prana Putra Sohe dan Hj Yetti Oktarina Prana tetap ada kerja sama masyarakat Kelurahan Lubuklingau Ulu RT 05 dan 06,” ungkap Ibnu Amin.

Ditambahkan Ibnu Amin, tujuan pembangunan wisata Kampung Warna-Warni sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat Lubuklinggau khususnya RT.05 dan 06 di Kelurahan Lubuklinggau Ulu. Tentunya diharapkan semua masyarakat dapat gotong royang dalam menjaga kebersihan dan kenyaman di kelurahan masing-masing. Dan perlu diketahui belum berumur 1 tahun Kampung Warna-Warni sudah banyak diketahui masyarakat luas melalui media sosial.(Cw01)

Rekomendasi Berita