oleh

Baznas Salurkan Dana Zakat Untuk Tunggakan Iuran JKN – KIS

MUSI RAWAS, JAMKESNEWS, Tidak dipungkiri iuran peserta merupakan hal yang sangat penting dalam keberlangsungan Program JKN-KIS, singkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan satu peserta yang sakit dibantu oleh beberapa peserta yang sehat melalui iuranya.

Badan Amil Zakat  Nasional (BAZNAS) Kabupaten Musi Rawas memiliki komitmen mengoptimalkan danaZakat Infaq dan Sadaqohuntuk disalurkan sesuai ketentuan dan tepat sasaran serta bermanfaat, salah satunya menyalurkan dananya melalui pembayaran tunggakan iuran Peserta JKN-KIS kelas 3 yang tidak mampu membayarkan tunggakan diwilayah Kabupaten Musi Rawas.

Penandatangan Nota Kesepahaman pemberian donasi bagi tunggakan iuran peserta JKN-KIS langsung oleh Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan, yang juga dihadiri oleh KetuaBaznas Kabupaten Musi Rawas serta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau Eka Susilamijaya (17/12). Dalam acara tersebut Bupati Musi Rawas sangat mendukung program JKN-KIS BPJS Kesehatan sehingga apabila perluh dukungan, Pemda Kabupaten Musi Rawas siap membantu.

“Saya sangat mendukung kesinambungan program JKN-KIS, salah satu wujud nyata adalahpenandatangan MoU pemberian donasi oleh Baznas dan saya sangatmengharapkan dukungan OPD (organisasi perangkat daerah) untuk membayar zakat, infaq dan sadaqah. Karena melalui kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas untuk meringankan beban tunggakan masyarakat yang menunggak iuran” ujar Hendra.

Sebanyak 25 keluarga yang mendapat donasi setelah dilakukan pendataan oleh BPJS Kesehatan dan BAZNAS Kabupaten Musi Rawas, pendataan ini berdasarkan beberapa kriteria diantaranya terdapat kendala dalam pembayaran iuran dikarenakan keterbatasan pendapatan sehingga menunggak, peserta yang mendapatkan donasi adalah peserta dengan hak rawat kelas 3, peserta adalah masyarakat Musi Rawas dan berdomisili di Kabupaten Musi Rawas dengan jumlah nilai donasi sebesar Rp 17.878.519.

Dalam upayan penurunan tunggakan Iuran Peserta JKN-KIS dapat melalui beberapa program yang dapat dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan yang didukung oleh pihak ekternal, baik itu melalui program Donasi instansi atau Badan Pemerintah, Badan Usaha melalui Program Coorporate Social Responbility dan program lainya. BPJS Kesehatan juga melakukan penelponan  kepada peserta yang menunggak serta melakukan kunjungan langsung kepada peserta untuk yang diwajibkan kepada seluruh pegawai BPJS Kesehatan, hal ini guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan Peserta JKN seluruh segmen. (rls)

Rekomendasi Berita