oleh

Bayar Sesuai Prosedur

Pengamat Hukum, DR Rahmat Setiawan

SEBELUM peristiwa ini terjadi (dugaan penipuan,red) sudah pasti ada sebab akibat. Hal itu disampaikan Pengamat Hukum Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), DR Rahmat Setiawan, Senin (20/11).

“Maksudnya, oknum melakukan pembayaran melalui calo ataupun Pegawai Samsat karena bisa jadi karena pegawai Samsat terkesan lamban melayani pembayaran,” kata Rahmat Setiawan.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada warga yang akan membayar pajak jangan mudah percaya dengan calo ataupun Pegawai Samsat. Sekalipun mengaku bisa membantu membayar pajak. Ini salah satu solusi mencegah diri jadi korban penipuan.

“Jadi akan lebih baik membayar pajak sesuai dengan prosedur walaupun kadang kala bisa memakan waktu agak lama. Karena biasanya banyak pelanggan pajak yang mengantre,” jelas Rahmat Setiawan.

Selain itu kepada para Pegawai Samsat ataupun aparatur pemerintah dibidang pajak juga harus melakukan perbaikan sistem baik pegawai ataupun di kantor itu sendiri.

“Salah satu contoh, para pegawainya jangan mau menerima pembayaran pajak dengan cara pintas tanpa sesuai prosedur guna mencegah terjadinya penipuan. Kemudian perlengkapan atau tempat pembayaran pajak loketnya diperbanyak sehingga pelanggan pajak tidak membutuhkan waktu lama untuk membayar pajak,” ucap Rahmat Setiawan.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya penipuan ataupun penggelapan pajak, akan lebih baik dipasang spanduk, reklame himbauan agar masyarakat membayar pajak sesuai prosedur jangan melalui calo.

“Jika benar dugaan penggelapan pajak ini dilakukan Pegawai Samsat, ya jelas terancam sanksi pidana,” tandasnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita