oleh

Bawaslu Usulkan PAW Satu Panwascam

““Pemberhentian dan pengangkatan dilakukan kita (Bawaslu Kota Lubuklinggau, red), tapi SK dari Bawaslu Provinsi Sumsel,” kata komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi SDM, Organisasi dan Data Informasi, Mirwan Jaya Husein.

LUBUKLINGGAU – Bawaslu Kota Lubuklinggau telah melakukan rapat pleno, guna melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Andre Affandi yang terpilih sebagai Komisioner KPU Kota Lubuklinggau periode 2019-2024.

Hasil rapat pleno tersebut, diketahui posisi Andre Affandi sebelumnya sebagai Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lubuklinggau Barat II, akan digantikan Taufik Rahmat yang saat ini menjabat sebagai Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Kelurahan Ulak Lebar. Terpilihnya Taufik Rahmat sebagai PAW dari Andre Affandi, karena saat seleksi Panwascam Lubuklinggau Barat II, Taufik Rahmat masuk enam besar, dan posisinya ada di empat besar.

Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi SDM, Organisasi dan Data Informasi, Mirwan Jaya Husein mengatakan proses pergantian akan diusulkan ke Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sebab, baik Panwascam maupun PPL diangkat dan diberhentikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Bawaslu Provinsi Sumsel, tapi proses pelantikannya dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota, termasuk Bawaslu Kota Lubuklinggau.

“Pemberhentian dan pengangkatan dilakukan kita (Bawaslu Kota Lubuklinggau, red), tapi SK dari Bawaslu Provinsi Sumsel,” katanya.

Maka, Mirwan menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pelantikan PAW, terhadap Taufik Rahmat, karena saat ini berkas usulan tersebut baru disampaikan ke Bawaslu Provinsi Sumsel.

“Semoga, dalam waktu dekat SK pengangkatan terhadap Taufik Rahmat kita terima, sehingga bisa langsung dilakukan pelantikan terhadap yang bersangkutan,” jelasnya.

Selain itu, Bawaslu Kota Lubuklinggau juga akan melakukan pergantian terhadap dua anggota PPL lainnya, yakni di Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, karena Taufik Rahmat menggantikan posisi Andre Affandi di Panwascam Lubuklinggau Barat II. Kemudian PPL Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, karena posisi itu ditinggalkan Bambang Irawan yang terpilih sebagai komisioner KPU Kota Lubuklinggau periode 2019-2023. (aku)

Rekomendasi Berita