oleh

Bawaslu Publikasikan Ada Keluarga Maju Caleg

MUSI RAWAS – Bawaslu Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan konferensi pers. Pasalnya, ada tiga keluarga besar mereka yang ikut berpartisipasi di Pemilu 2019, maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Mura. Hal ini mereka lakukan, karena penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu pada semua jenjang diharuskan mengumumkan ke publik jika memiliki hubungan keluarga dengan Caleg yang maju dalam pemilu.

Keharusan itu sesuai Pasal 9 huruf i Peraturan Bersama KPU, Bawaslu, dan DKPP tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu. Dalam pasal tersebut dijelaskan setiap penyelenggara pemilu diharuskan untuk menyatakan secara terbuka, apabila memiliki hubungan keluarga atau sanak saudara dengan calon, peserta Pemilu, atau tim kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktoreni Sandra Kirana, menyampaikan netralitas Bawaslu Kabupaten Mura dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Memang, ada beberapa dari keluarga besar dari Bawaslu yang maju sebagai Caleg, tapi hal itu tidak mengganggu netralitas mereka sebagai pemilu.

“Kami netral dan tidak memihak siapapun juga. Walaupun, ada keluarga kami yang maju, seperti sepupu suami yang maju di Dapil I di Kabupaten Mura,” katanya.

Hal yang sama, disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Mura, Hermansyah yang adik iparnya mencalonkan diri sebagai Caleg di Dapil I Kabupaten Mura. Hermansyah mengatakan, pihaknya sengaja membuka ke publik, karena memang harus dibuka. Hal ini dilakukan memenuhi amanah dari aturan yang berlaku, yakni Peraturan DKPP No.2 Pasal 18 Tahun 2017.

“Dalam beberapa kali Bimtek (Bimbingan Teknis, red) yang telah kami ikuti, memang harus dibuka ke publik bila ada keluarga yang mau sebagai Caleg, baik itu calon anggota DPR, DPR, DPRD, DPRD Kabupaten/Kota hingga Capres-Cawapres. Termasuk, yang ikut dalam tim kampanye pemenangan dari peserta Pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Panwascam Muara Kelingi, Musyanto juga menyampaikan ke publik, kalau istrinya ikut maju sebagai Caleg di Dapil V Kabupaten Mura, yang meliputi Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Lakitan, nomor urut 3 dari Partai Golkar.

“Saya pribadi, sebagai penyelenggara tetap menjunjung tinggi tugas sebagai penyelenggara pemilu, dan akan netral dalam melaksanakan tugas,”jelasnya. (aku)

Rekomendasi Berita