oleh

Bawaslu Musi Rawas Butuh Masukan Publik, Soal Rekam Jejak Calon Panwascam

Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir
“Kami tidak ingin ada Panwascam terpilih, yang ternyata tidak memenuhi syarat, sebab kami ingin Pilkada Muratara jadi Pilkada yang berkualitas…”

LINGGAU POS ONLINE– Masukan masyarakat sangat dibutuhkan dalam proses penyeleksian Calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Oktoreni Sandhra Kirana, Jumat (6/12).

Ia menegaskan, masukan dari masyarakat, sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya calon Panwascam yang terlibat Partai Politik (Parpol) maupun ada hubungan pernikahan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Menurut Reni, nanti masyarakat dipersilakan memberikan masukan dan tanggapan secara tertulis terhadap calon Panwascam yang lulus seleksi administrasi.

Tanggapan terhadap calon Panwascam bisa disampaikan ke Sekretariat Bawaslu Mura yang berada di Kompleks Muara Beliti Agropolitan Center. “Kami berharap masukan dari masyarakat, terhadap calon Panwascam, agar tidak ada yang tidak memenuhi syarat terpilih sebagai Panwascam,” katanya.

Hal sama disampaikan Komisioner Bawaslu Mura, Hermansyah.

Ia menjelaskan, masyarakat dapat menanggapi seluruh rekam jejak dari para pendaftar Panwascam, termasuk mengenai pendidikan, pekerjaan di pemerintah dan segala hal yang berhubungan dengan integritas. “Semoga, tidak ada Panwascam yang tidak berintegritas di Pilkada 2020 mendatang,” jelasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir menambahkan masyarakat dipersilakan memberi masukan kepada Bawaslu terkait rekam jejak peserta seleksi Panwascam, demi tercapainya penyelenggara yang profesional.

Adapun syarat untuk menjadi Anggota Panwascam, adalah memiliki pengetahuan tentang kepemiluan, pendaftar Panwascam berusia minimal 25 tahun dengan identitas Kabupaten Muratara, memiliki ijazah minimal SMA sederajat, tidak terlibat dalam kepengurusan Parpol dalam lima tahun terakhir, tidak pernah dipecat dari penyelenggara Pemilu oleh DKPP, tidak sedang menjalani hukuman, serta KTP sesuai dengan domisili.

“Kalau berdasarkan informasi masyarakat ada yang tidak memenuhi syarat, silakan lapor ke kami, dan akan dilakukan klarifikasi. Kami tidak ingin ada Panwascam terpilih, yang ternyata tidak memenuhi syarat, sebab kami ingin Pilkada Muratara jadi Pilkada yang berkualitas,” jelasnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita