oleh

Bawaslu Muratara Mulai Awasi Tahapan Pilkada

LINGGAU POS ONLINE- Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menyatakan siap untuk melaksanakan Pilkada serentak 2020, dengan bersinergi bersama stakeholder terkait, mulai KPU hingga unsur Muspida.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Muratara, Paulina mengatakan saat ini pihaknya telah mempunyai punggawa di 7 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Muratara. Mereka, merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu, dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan demi tahapan, yang berlangsung pada perhelatan akbar yang akan dilaksanakan 23 September 2020 itu.

“Kita sudah memiliki Panwascam, yang akan mengawal tahapan demi tahapan di Pilkada ini, termasuk perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, red) yang akan dilakukan KPU,” kata Paulina.

Menurutnya, pengawas terhadap perekrutan PPK salah satu agenda penting dalam pelaksanaan Pilkada. Sebab, sebagai penyelenggara Pemilu, PPK tidak boleh terlibat dalam struktur kepengurusan Partai Politik (Parpol), dan independen dalam melaksanakan tugasnya.

“Sebenarnya, syarat PPK hampir sama dengan Panwascam, tidak boleh ada keterlibatan dalam kepengurusan Parpol. Namun, karena Panwascam sudah terbentuk, maka mereka bertugas untuk mengawasi perekrutan Pilkada,” ungkapnya.

Paulina menjelaskan, sebenarnya semua masyarakat mempunyai hak untuk mengawasi perekrutan penyelenggara Pemilu, mulai dari Bawaslu, KPU, Panwascam, PPK, PPL, PPS, Pengawas TPS hingga KPPS.

“Laporan bisa diterima dari seluruh elemen masyarakat, bukan hanya Panwascam. Perlu diketahui, Panwascam juga bisa dilaporkan bila melakukan pelanggaran atau tidak netral, dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu,” jelasnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita