oleh

Bawaslu Muratara Akan Rekrut Panwascam

LINGGAU POS ONLINE- Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) memastikan akan menggugurkan calon peserta anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang terlibat Partai Politik (Parpol). Sebab, dalam aturan sudah dijelaskan bahwa penyelenggara Pemilu tidak boleh terlibat dalam kepengurusan Parpol.

Anggota Bawaslu Kabupaten Muratara, Paulina mengatakan pihaknya akan teliti dalam melakukan perekrutan. Sehingga, semua pendaftar yang tidak memenuhi syarat bisa dalam seleksi administrasi.

“Kita akan teliti dalam perekrutan ini, agar tidak ada calon penyelenggara yang lulus dalam tahap administrasi tidak memenuhi syarat pencalonan,” kata Paulina, Jumat (18/10).

Ia menjelaskan, netralitas harus dimiliki oleh setiap anggota Panwascam, hal itu dilakukan agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Netralitas merupakan harga mati untuk setiap penyelenggara Pemilu, termasuk Panwascam,” jelasnya.

Selain itu, ada berbagai syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh pendaftar anggota Panwascam, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK). Para pendaftar juga tidak boleh salah kamar dalam melakukan pendaftaran, misalnya berdomisili di wilayah Kecamatan Rawas Ilir, namun mendaftar untuk anggota Panwascam Kecamatan Rawas Ulu, akan langsung digugurkan. Sebab, pendaftar harus berada di wilayah yang dibutuhkan.

“Tugas penyelenggara sangat berat, jadi kita membutuhkan penyelenggara yang paham dengan letak topografi daerah, dan dikenal masyarakat. Karena, metode pengawasan melalui pendekatan akan lebih efektif, dalam meminimalisir setiap indikasi pelanggaran,” ujarnya.

Maka dari itu, dirinya berharap agar seluruh pendaftar nanti, memenuhi syarat yang sudah ditentukan, serta menjalankan tugasnya dengan baik dalam proses pelaksanaan Pilkada serentak 2020 mendatang.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita