oleh

Bawaslu Minta KPU Musi Rawas Perketat Perekrutan PPK

LINGGAUPOS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas (Mura), melakukan pengawasan seleksi sebagai badan adhoc penyelenggara pemilu. Sebab, itu  sudah menjadi tugas dan wewenangnya dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan penyelenggaraan pemilu.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Mura, Khoirul Anwar menjelaskan kalau saat ini pihaknya sedang mengawasi proses perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mura.

“Kita melakukan pengawasan melekat, dan berharap KPU lebih selektif dalam proses perekrutan,” katanya.

Dia mencontohkan, masalah bisa muncul apabila kedapatan si calon PPK terafiliasi partai politik (Parpol), bukan penduduk setempat, telah menjabat dua periode sebagai anggota PPK. Sebab, hal itu dapat menciderai pesta demokrasi lima tahunan ini, dan bisa juga berdampak dengan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Secara aturan, yang mengawasi perekrutan PPK itu Bawaslu. Namun, Bawaslu bisa mendelegasikan Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan, red) untuk melakukan pengawasan,” jelasnya.

Bahkan, proses pengawasan ini bisa dilakukan oleh semua elemen masyarakat, yang mendapat informasi, melihat dan mengetahui ada peserta seleksi PPK yang tidak memenuhi syarat, bisa melaporkannya ke kantor Bawaslu Kabupaten Mura, yang berada di kompleks Agropolitan Center Kecamatan Muara Beliti.

“Proses rekrutmen anggota PPK harus dilaksanakan secara transparan. Agar bisa melahirkan lembaga penyelenggara pemilu yang kompeten, kredibel serta profesional dalam mengawal proses demokrasi. Maka, kami mengajak masyarakat untuk turut serta dalam melakukan proses pengawasan,” tegasnya.

Bahkan, Khoirul mengutarakan sebagai lembaga pengawas Pemilu, pihaknya juga siap diawasi oleh semua elemen masyarakat, bila ada indikasi Panwascam yang terlibat dalam kepengurusan Parpol, atau tidak netral dalam perhelatan Pilkada Mura.

“Kita siap mengawasi dan siap juga diawasi,” ungkapnya. (*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul “Perketat Pengawasan Perekrutan PPK”.

Rekomendasi Berita