oleh

Bawaslu Lubuklinggau Hadiri Apel Serentak

PALEMBANG – Bawaslu Kota Lubuklinggau bersama 16 Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan (Sumsel), mengikuti apel siaga Pemilu 2019, Senin (21/1). Apel siaga pengawasan pemilu 2019 yang diikuti Bawaslu se-Sumsel, dihadiri Ketua Bawaslu RI, Abham dan Menko Polhukam, Wiranto.

Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan Sengketa Pemilu, Bahusi mengatakan apel siaga yang dilakukan tersebut berhasil mendapatkan rekor MURI. Karena, diikuti ribuan jajaran pengawas pemilu, mulai tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa/Kelurahan. Bahkan, rombongan dari Bawaslu Kota Lubuklinggau sudah lebih seratus orang, yakni 24 anggota Panwascam serta 72 PPL, ditambah staf sekretariat hingga Komisioner Bawaslu Lubuklinggau.

“Kita menggunakan bus, dan usai dilaksanakannya apel siaga langsung pulang ke Kota Lubuklinggau,” kata Bahusi, Senin (21/1).

Menurut Bahusi, dalam apel siaga yang akan dilakukan di Jakabaring Sport City (JSC), Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumsel diinstruksikan untuk melakukan pengawasan setiap tahapan pemilu. Dengan fokus pada pencegahan setiap indikasi pelanggaran. Tapi, kalau telah terjadi pelanggaran, tentu akan ditindak sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

“Kita telah melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK, red) peserta Pemilu 2019, yang terpasang di tempat terlarang. Penertiban dilakukan, karena APK tidak mengindahkan surat peringatan yang sudah kita layangkan ke Parpol,” jelasnya.

APK yang ditertibkan tersebut, berupan baliho dan spanduk yang dipasang pada tempat terlarang, seperti tiang listrik, tiang telpon, pohon yang ditanam pemerintah, serta taman kota. Karena bertentangan dengan UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu 2019, Peraturan KPU, hingga Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwal).

“Prinsipnya, kami bekerja sesuai prosedur, demi lancarnya pelaksanaan Pemilu 2019,” harapnya. (aku)

Rekomendasi Berita