oleh

Bawaslu Larang Bacaleg Kampanye

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Komisioner Bawaslu Kota Lubuklingau, Bahusi menegaskan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dilarang melakukan kampanye. Baik nomor urut dirinya sebagai Bacaleg maupun Partai Politik (Parpol) pengusungnya.

Ketentuan ini, kata dia, berdasarkan Surat Edaran (SE) Bawaslu RI Nomor:S-0691/K.Bawaslu/PM.00.00/V/2016 tentang Pengawasan Pelaksanaan Kampanye Sebelum Jadwal Tahapan Kampanye Pemilu 2019. Di sini sudah dijelaskan kalau kampanye dilakukan melalui pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye baik brosur maupun stiker. Kemudian pemasangan alat peraga di tempat umum, media sosial, iklan media massa/cetak, elektronik dan internet, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 275 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Kampanye dapat dilakukan pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.

“Setiap kegiatan yang mengandung unsur jadi diri dilarang sebelum masa kampanye. Misalnya, menyosialisasikan nomor urut Bacaleg maupun Parpol,” ucap Bahusi, Jumat (17/8).

Ia menjelaskan setiap orang atau pihak lain dilarang melakukan pemasangan alat yang meyakinkan pemilih dengan visi, misi dan program kepartaian serta memuat nomor urut Parpol di Daerah Pemilihan (Dapil).

“Kami akan berusaha untuk mencegah setiap indikasi pelanggaran. Maka, dalam waktu dekat sudah direncanakan untuk mengundang pengurus Parpol, agar tidak ada Parpol yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan,” jelasnya. (01)

Rekomendasi Berita