oleh

Bawaslu Ingatkan Caleg Patuhi Aturan Kampanye

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lubuklinggau meminta para peserta Pemilu 2019 untuk tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di tempat terlarang. Larangan mengenai pemasangan APK tertuang dalam Peraturan KPU No. 23 Tahun 208 tentang Kampanye.

Tempat yang dilarang Bawaslu yakni, di tempat ibadah, sarana pendidikan, kantor pemerintah dan di pohon-pohon. Kemudian, bahan kampanye seperti stiker tidak boleh dipasang di jalan protokol dan di pohon-pohon. Kemudian, brosur tidak boleh dibagikan atau dipasang di sarana pendidikan.

Ketua Bawaslu Kota Lubuklinggau, Mursyidi mengatakan pihaknya berinisiatif untuk mengadakan rapat koordinasi, berama Panwascam dalam melakukan pengawasan kampanye.

Menurut Mursyidi, semua jajaran Bawaslu bai Panwascam maupun PPL harus bekerja ekstra keras, untuk memastikan tidak ada peserta pemilu maupun timnya yang melakukan pelanggaran kampanye.

Maka, kalau ditemukan temuan maupun laporan akan langsung ditindaklanjuti, pertama surat teguran tertulis, kalau tidak diindahkan terpaksa dilepaskan dan berkoordinasi dengan Sat Pol PP.

“Semoga tidak ada Caleg yang melakukan pelanggaran. Sebab, siapapun yang diduga melakukan pelanggaran akan ditindak, termasuk Caleg DPR RI,” jelas Mursyidi.

Sebab, belum lama ini, Bawaslu telah melakukan penindakan terhadap salah satu Caleg DPR RI yang melakukan pelanggaran kampanye. Sebab, belum masuk masa kampanye telah memasang APK di acara pertemuan. (aku)

Rekomendasi Berita