oleh

Bawaslu Ajak Panwascam Pilkada Awasi Pileg

Indikasi Masa Tugas Panwascam Diperpanjang

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Ketua Bawaslu Kota Lubuklinggau, Mursydi mengajak 24 anggota Panwascam Pilkada Lubuklinggau 2018, untuk mengawasi setiap tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2019. Sebab, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis (Juknis) atau kepastian hukum mengenai tata cara perekrutan Panwascam yang akan bertugas selama pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019.

Baik Peraturan Bawaslu maupun Surat Keputusan (SK) maupun Surat Edaran (SE), belum ada yang mereka terima mengenai hal itu. Menurut Mursydi, walaupun para Panwascam tersebut menerima SK sebagai Panwascam Pilkada 2018, mereka sudah bertugas mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019. Sebab, sejak Maret 2018 tahapan Pemilu Legislatif 2019 sudah mulai berjalan, dan selama itu juga tahapan demi tahapannya sudah diawasi Panwascam, walaupun mereka direkrut untuk menyukseskan Pilkada serentak 2018.

Dasar hukum diberdayakannya Panwascam ini mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang bertugasnya 24 anggota Panwascam yang bertugas selama mengenai anggota Panwascam yang akan berkerja selama Pemilihan Umum.

“Sebelum ada kepastian hukum apakah evaluasi atau rekrut ulang, kita masih mempercayakan tugas untuk mengawasi Pemilu Legislatif kepada Panwascam lama (Panwascam Pilkada, red),” kata Mursydi, Jumat (24/8).

Bahkan, dalam rangka mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 yang sedang berlangsung. Bawaslu Kota Lubuklinggau melakukan rapat internal, dengan mengundang 24 anggota Panwascam Pilkada, dengan tujuan agar mereka dapat bekerja secara maksimal dalam mengawasi wilayah masing-masing dari indikasi pelanggaran. Dilakukannya rapat ini merupakan salah satu indikasi kalau masa kerja Panwascam bakal diperpanjang, karena mereka memang sudah mengawasi tahapan Pemilu Legislatif yang bersamaan dengan Pilkada serentak 2018.

“Kita mengedepankan pencegahan pelanggaran dari pada penindakan. Demi, suksesnya Pemilu Legislatif 2019,”jelasnya.

Selain itu, Bawaslu Kota Lubuklinggau sudah melayangkan surat ke Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Legislatif 2019. Untuk tidak melakukan pelanggaran yang nantinya bisa merugikan Parpol itu sendiri. (01)

Rekomendasi Berita