oleh

Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

MURATARA – Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan sosialisasi pengawasan pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD kota/kabupaten Tahun 2019 di Aula Siti Rahma Rumah Makan Sederhana, Kecamatan Rupit, Sabtu (22/12)

Kegiatan sosialisasi terselenggara untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peraturan pemilu, serta mencegah munculnya pelanggaran baik pidana maupun kode etik yang dilakukan penyelenggara pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir menyampaikan pihaknya akan bekerja keras dalam pengawasan, karena bila kurangnya pengawasan dapat terjadinya pemilu yang tidak jujur,adil dan transparan.

“Yang menjadi fokus dari Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu ialah di titik pengawasan. Karena, pengalaman dulu kerap terjadi pelanggaran di Pemilu 2014 lalu,”katanya.

Maka, Munawir berharap dengan diadakannya sosialisasi ini seluruh elemen masyarakat dapat memahami peraturan yang telah diberlakukan pada Pemilu 2019.

“Walaupun kita memiliki seribu orang pengawas dalam pemilu 2019 nanti, peran mereka tidak akan maksimal tanpa peran aktif dari masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Yenli meminta tidak ada catatan hitam dalam pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Muratara. Mulai dari penghitungan dan perekapan suara, termasuk tahapan lainnya.

“Kita harus bekerja keras, agar tidak ada lagi catatan hitam dalam Pemilu,” katanya.

Maka, keikutsertaan seluruh elemen masyarakat, sangat menentukan sukses dan tidaknya pelaksanaan Pemilu, karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, terlebih jumlah personil dalam satu Desa/Kelurahan hanya satu orang.

“Kita sangat perlu peran masyarakat. Jika menemukan kecurangan diharapkan masyarakat dapat melapor keBawaslu, agar pemilu nanti berjalan lancar dan damai” harap Yenli. (CW03/aku)

Rekomendasi Berita