oleh

Baru Selesai, Jembatan Beton di Muratara Rusak

LINGGAU POS ONLINE- Jembatan beton di Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) belum sepekan selesai dibangun, sudah mengalami kerusakan. Jembatan di Desa Tanjung Rajo ini, di bagian pinggir jembatan dan tengah jalan sebelum menaiki jembatan sudah mulai retak.

Kerusakan pada jembatan yang belum berumur sebulan tersebut sangat disayangkan warga sekitar, padahal jembatan menjadi akses utama warga melintas antar desa.

“Padahal belum sebulan, sangat disayangkan sudah mengalami kerusakan,” kata Dickta warga sekitar.

Dia berharap pemerintah segera turun langsung ke lapangan dan mengecek langsung kondisi jembatan, agar dapat segera dilakukan tindakan.

“Ya harapan kami ada tindakan dari pemerintah, bagusnya cek langsung ke lapangan biar dapat diperbaiki,” harapnya

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Muratara, Heru Paiz mengatakan pihaknya baru mengetahui hal tersebut dan segera akan mengecek ke lapangan

“Secepatnya akan kami cek langsung ke lapangan, bila ditemukan dengan apa yang disampaikan, rekanan akan segera kami minta perbaiki,” tegas Heru Paiz.

Heru membenarkan bahwa jembatan baru diselesaikan pada pekan lalu oleh rekanan dari PT Taruna Satria Cahyani melalui anggaran APBD tahun 2019.

“Memang baru seminggu selesai di bangun, dengan APBD Muratara sebesar Rp4,5 miliar,” tambahnya

Dia menilai kerusakan diakibatkan oleh umur beton, karena dalam aturannya beton belum boleh dilewati selama 28 hari setelah proses pengerjaan

“Setelah di cor meskinya belum boleh dilewati selama 28 hari, oleh kendaraan apapun, karena itu akan menyebabkan kerusakan” jelasnya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita