oleh

Baru Empat Sekolah Terapkan Program Inklusif

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Empat sekolah di Kabupaten Musi Rawas ditetapkan sebagai sekolah inklusif. Yakni SD Negeri 4 Muara Beliti, SD Negeri B Srikaton, SD Negeri M Siti Harjo, dan SMP O Mangunharjo.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, H Sukamto melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Hartoyo Minggu (26/11) mengatakan sekolah inklusif ini manfaatnya untuk menampung peserta didik yang berkebutuhan khusus.

“Karena SLB kita hanya satu di Musi Rawas, dan tidak semua masyarakat bisa menjangkau ke Kecamatan Tugumulyo, maka seluruh sekolah harus siap menampung anak-anak yang berkebutuhan khusus,”ungkap Hartoyo.

Tahun 2018 mendatang, apapun kondisi sekolah tersebut harus siap menerima anak yang berkebutuhan khusus.

“Tidak semua anak yang lahir ke dunia ini normal. Namun, tentu saja kita tetap khawatir tidak semua sekolah yang siap menerapkan program ini. Makanya nanti diperluas jumlahnya. Sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus bisa sekolah,” ucapnya.

Namun, sebelum diterapkannya sekolah inklusif ini terlebih dahulu guru yang ada di sekolah tersebut harus mengikuti pelatihan.

“Beberapa waktu lalu guru-guru sudah ada yang mengikuti pelatihan. Pelatihan ini tentu saja dilakukan secara bertahap,” imbuhnya.

Karena, kalau tidak mengikuti pelatihan lanjut Hartoyo, maka dikhawatirkan guru-guru tidak bisa mendidik anak yang berkebutuhan khusus dengan baik.

“Nanti juga akan diberikan bantuan berupa alat peraga pendidikan khusus anak inklusif. Tapi ya itu tadi penerapannya dilakukan secara bertahap,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita