oleh

Baru Empat Perusahaan Tepati Janji

Realisasi CSR 2019

LINGGAU POS ONLINE– Ada 12 perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) janji akan merealisasikan Corporate Social Responsibility (CSR). Kesepakatan itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU), 9 Mei 2018 di Jakarta. Namun hingga kini, baru empat perusahaan yang sudah merealisasikan janjinya tersebut.

Antara lain PT Tri Aryani berupa alat kesehatan, Bank Sumsel Babel berupa pengadaan perangkat komputer di SMAN Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir, BNI berupa renovasi jembatan gantung di Desa Tanjung Agung Kecamatan Karang Jaya, dan jalan setapak di Desa Batu Gajah Kecamatan Karang Jaya dan PT Bumi Mekar Tani berupa mobil bus guru dan pelajar.

Sedangkan yang lainnya, seperti PT London Sumatera berupa mobil bus guru dan pelajar, PT Bara Sentosa Lestari berupa mobil bus guru dan pelajar, PT Citra Loka Bumi Bengawan berupa mobil Ambulance, PT Sipef Group berupa mobil Sky Lift, PT Gorby Putra Utama (Group) berupa mobil Pemadam Kebakaran, PT Ina Zafanya Ataya berupa mobil Ambulance dan PT Serelaya Merangin Dua berupa mobil bus guru dan pelajar belum melaksanakan.

Hal ini membuat Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mempertanyakan perusahaan tersebut secara tertulis kepada Forum CSR Kabupaten Muratara. Hal ini diungkapkan Ketua Forum CSR Kabupaten Muratara, Solihin. Bahkan diakui Solihin, sudah dua kali Bupati Muratara melayangkan surat kepadanya.

“Dan kita sudah menindaklanjuti surat tersebut ke perusahaan, baik secara lisan maupun tulisan. Tugas Forum CSR hanya mengomunikasikan, memfasilitasi, melapor serta menyusun program. Mengenai selanjutnya, kewenangan Pemkab dan pihak perusahaan yang sudah menandatangani MoU dan menyanggupi isi MoU tersebut,” jelas Solihin.

Sayangnya dilanjutkan Solihin, ketika Forum CSR melakukan pertemuan guna membahas hal ini yang hadir mewakili perusahaan bukan pengambil keputusan. Sehingga saat ditanya, beralasan segera menyampaikan hal ini ke pimpinan mereka.

Untuk itu dalam waktu dekat, Forum CSR Kabupaten Muratara akan kembali melakukan pertemuan dengan anggota untuk membahas hal ini.

“Kita coba komunikasikan lagi,” tegasnya.

Hasilnya nanti ditambahkan Solihin, akan disampaikannya ke Bupati Muratara.

“Kita berharap perusahaan yang ada di Muratara lebih peduli dan punya komitmen terutama yang sudah menandatangani MoU untuk melaksanakan program CSR mereka. Karena kehadiran mereka, harus berdampak terhadap masyarakat sekitar perusahaan, dan masyarakat Muratara,” harapnya.

#### Tunggu ACC dari Jakarta

Sementara Andi Irawan, Bagian Humas PT London Sumatra tak menampik, soal janji CSR memang belum dilakukan.

“Untuk realisasi mobil bus guru dan pelajar menunggu acc dari manajemen di Jakarta, jadi belum terlaksana” kata Andi.

Menurutnya belum terlaksananya CSR berupa pemberian mobil tersebut dikarenakan salah satu faktor yakni kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil. Namun untuk program lainnya seperti Rumah Pintar, yang mana memberikan pengetahuan seperti les komputer gratis di Kecamatan Rawas Ilir masih berjalan dan dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

Laporan Riena Fitriani Maris/Herwinda

Rekomendasi Berita