oleh

Baru Dua Kecamatan Sampaikan Laporan DD

LINGGAU POS ONLINE, CURUP- Baru dua kecamatan yang melaporkan pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2018. Dua kecamatan yang dimaksud, yakni Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Tengah.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Ahmed Chalid menegaskan deadline terakhir laporan Kamis (30/8).

“Kalau untuk DD laporan tahap 1 dan tahap II, sementara untuk ADD laporan realisasi tahap 2 sebesar 75 persen,” kata Ahmed Chalid.

Dijelas Ahmed Chalid, laporan pertanggungjawaban tahap 1 dan 2 DD dan realisasi ADD 75 persen nantinya akan disampaikan ke Bupati Rejang Lebong, H Hijazi.

“Kita berpikir positif saja, mudah-mudahan nanti semua desa bisa melaporkan sesegera mungkin,” tambahnya.

Sanksi jika tidak melaporkan laporan DD dan ADD maka akan menunda pelaksanaan DD ditahap berikutnya. Pencairan DD dilakukan tiga tahap, yakni tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen, sementara untuk ADD dua tahap, tahap pertama 75 persen dan tahap kedua 25 persen dari anggaran yang ada.

Ditambahkan Ahmed, kedepan juga akan dibentuk asosiasi perangkat desa aplikasi baru sistem aset desa termasuk jaminan kesehatan untuk kades dan perangkat desa.

Dipaparkan Ahmed, pada perubahan 2018 ini, diupayakan untuk menganggarkan jaminan kesehatan untuk kades 5 persen bersumber dari 3 persen dari APBDes, dan 2 persen dari gaji dengan jumlah dana Rp 140 ribu per bulan.

“Gaji Kades Rp 2.800.000, untuk sementara Kades dulu. Rp 140.000 per bulan sudah mencakup keluarga, suami istri dan anak dua, kita akan anggarkan untuk 4 bulan terakhir 2018
nanti 2019 akan akomodir dari awan bulan,” katanya.

Menurutnya, jaminan kesehatan juga seharusnya bersama perangkatnya. namun yang memungkinkan saat ini hanya sebatas Kepala desa sesuai dengan gaji yang diterimanya. Dengan harapan dalam bekerja Kades agar bisa terus sehat dalam menjalankan tugasnya. (09)

Rekomendasi Berita