oleh

Baroyot Binjai Sumbangan Membangun Jalan Desa

LINGGAUPOS.CO.ID – Melalui group WhatsApp, yang anggotanya terdiri dari keturunan Desa Binjai Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas, tercetus gagasan untuk membangun jalan desa pada awal Oktober 2020.

Karena, masyarakat asal Desa Binjai yang ada di perantauan, merasa prihatin dengan kondisi akses jalan di dalam desa. Apalagi jalan dari Desa Binjai menuju Simpang Empat Kecamatan Sukakarya, yang merupakan akses keluar dari desa, beberapa tahun belakangan ini tidak bisa dilalui lagi.

Hal ini disampaikan oleh salah satu perantauan sukses dari Desa Binjai Kecamatan Muara Kelingi, Sugianto Toha, Selasa (12/1/2021).

Disampaikan Sugianto Toha, terputusnya jalan itu sangat merugikan masyarakat desa setempat, karena sebagian dari penduduk Desa Binjai banyak yang bertransmigrasi lokal ke Desa Sukarena, dan akses jalan ini satu-satunya jalan yang harus dilalui ketika mereka akan pulang kampung.

Hal inilah yang mendasari timbulnya gagasan untuk memperbaiki jalan di dalam desa secara swadaya, yang dananya hasil urunan putra asli Desa Binjai yang berada di perantauan.

“Jadi, setelah kami berembuk kurang lebih dua bulan. Dana sumbangan masyarakat perantauan mencukupi. Maka,  pada tanggal 29 Desember 2020 dilaksanakanlah peletakan batu pertama pembangunan jalan,” katanya.

Pada proses pembangunan ini dihadiri oleh Pj Kades Binjai Efran, pemuka masyarakat sekaligus ketua tim perantauan dari Jakarta Amrullah Dahlan, serta Ketua Tim Pelaksana Desa Maliki Umar.

Tentu saja, seluruh masyarakat Desa Binjai antusias menyambut program ini, Para penduduk dusun tidak kenal usia, tua maupun muda, laki-laki dan perempuan seluruhnya ikut ambil bagian dalam gotong royong ini. Ada yang mengambil pasir dan batu di pulau yang ada  di ilir Desa Binjai.

“Sampai saat ini, pembangunan tengah berlangsung, dan tidak ada kendala yang dihadapi. Semua bersuka cita, bekerja dengan semangat dan gembira menyambut jalan baru yang bakal dimiliki. Karena, paling tidak jalan di dalam desa kami akan setara dengan desa-desa tetangga yang lain, yang mempunyai jalan desa yang mulus dan kokoh,” jelasnya.

Memang, Desa Binjai yang ada di wilayah Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Mura, terkesan terisolir, karena berada di wilayah paling ujung wilayah Kecamatan Muara Kelingi. Walaupun sebelumnya pernah menjadi Ibu Kota Marga Bulang Tengah Suku Ulu.

“Alhamdulilah, meski terkesan terisolir karena berada diwilayah paling ujung, masyarakat perantauan asal binjai kompak. Semoga, pembangunan yang dilakukan ini bermanfaat untuk masyarakat dan perkembangan desa,”harapnya.(*)

Rekomendasi Berita