oleh

Barcelona vs Napoli: Bukan Duel New Normal

LINGGAUPOS.CO.ID- Trofi La Liga memang berhasil direbut Real Madrid musim ini. Meski tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo –yang pindah ke Juventus- skuad Zinedine Zidane nyatanya bisa menyingkirkan sang rival Barcelona dalam perebutan gelar bergengsi tersebut.

Saat Real menang atas Villarreal di laga penentuan, Barcelona justru kalah oleh Osasuna 1-2, Jumat (17/7) lalu. Dalam laga itu, Barcelona tertinggal lebih dulu oleh Jose Arnaiz pada menit ke-15, tapi mampu disamakan Lionel Messi pada menit ke-62. Dan, Roberto Torres Morales membuat Barcelona takluk setelah mencetak gol pada injury time, tepatnya menit ke-90+4.

Situasi yang membuat sang bintang Lionel Messi kesal. Meski gelar juara Laliga lepas dari genggaman, Messi mengklaim bahwa Barcelona punya kesempatan merebut trofi Liga Champions musim ini.

Namun, dia ingin timnya belajar dari kekalahan mereka selama ini. Mereka harus berubah dengan cepat atau mereka akhirnya akan merasakan kehilangan pertandingan saat menghadapi Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, dini hari (9/8) WIB. (Live Champions TV 1 Pukul 02.00 WIB).

”Pertandingan nanti menggambarkan situasi kami sepanjang musim. Performa kami (Barcelona, Red) tidak menentu dan tim ini lemah,” keluh Messi kepada Movistar.

Pada pertemuan pertama, Napoli berbagi angka 1-1 di Stadion San Paolo, Februari lalu. Dries Mertens mengantarkan I Partenopei unggul sebelum disamakan oleh Antoione Griezmann. Jelas bagi Barca ini merupakan momen krusial.

Masalah lini tengah menjadi ganjalan entrenador Barca, Quique Setien. Dalam laga nanti, Barca tak bisa menurunkan Sergio Busquets dan Arturo Vidal. Padahal keduanya menjadi andalan pendistribusi bola ke semua lini.

Di bawah asuhan Setien, dua jenderal lapangan tengah itu nyaris tak tergantikan . Baik dari formasi tiga gelandang yang menjadi rujukan mantan pelatih Real Betis ini. Setien kini harus memutar otak mencari pengganti keduanya.

Ada kemungkinan, Ivan Rakitic sebagai gelandang jangkar untuk menggantikan peran Busquets di laga kontra Napoli. Sementara, posisi Vidal kemungkinan bakal diisi oleh Sergi Roberto. Mau tak mau, Frankie De Jong menjadi tambahan bagi formasi lini tengah Setien.

Dilansir dari Deportivo, De Jong mengaku merasa gamang untuk menggantikan salah satu posisi keduanya.” Kami merasa kehilangan tanpa mereka Namun di tim kami, semua pemain memiliki kualitas yang sama baiknya,” jelas pemain berpaspor Belanda tersebut.

Sosok Busquets dan Vidal memang begitu fundamental. Busquets musim ini sudah mengemas dua gol dan dua assist, sedangkan Vidal punya peran cukup vital dalam mengemas serangan lewat sumbangan delapan gol dan dua assist.

Di saat Barcelona gelisah dengan absen dua pilarnya, Pelatih Napoli Genarro Gattuso mengakui bahwa timnya bakal kesulitan menghentikan laju Lionel Messi . Dilansir dari Goal International, mantan gelandang AC Milan itu berceloteh bahwa Messi hanya bisa dihentikan lewat game Playstation.

”Mungkin hanya di mimpi saya bisa mengalahkannya, termasuk di Playstation. Saat anak saya memilih AC Milan dalam gim tersebut, lewat karakter saya, ia (anaknya) bisa menghentikan laju dia (Messi). Tapi tunggu dulu, itu saat saya pada berat ideal,” gurau pria berusia 42 tahun itu.

Mantan Pelatih AC Milan itu menjelaskan bahwa Napoli dan Barcelona memiliki ciri khas bermain yang berbeda. Menurutnya, Napoli lebih banyak memainkan aspek teknik dan fisik, sedangkan Barca memiliki kualitas yang luar biasa.”Ini pertandingan yang menarik, semuanya akan sempurna jika bermain baik,” tandasnya.(*)

Rekomendasi Berita