oleh

Barcelona vs Getafe: Menang atau Gigit Jari

LINGGAUPOS.CO.ID- Lima laga terakhir La Liga ibarat partai final bagi Barcelona. Terpeleset apalagi kalah bisa membuat Lionel Messi cs gigit jari. Maklum, Blaugrana, julukan Barcelona, hanya unggul tiga angka (52-49) dengan Real Madrid yang terus konsisten menjaga posisi puncak klasemen.

Laga berat Barca selanjutnya adalah menjamu sang pengekor, Getafe, dini hari nanti. (Live Bein Sports 1 Pukul 22.00). Di atas kertas, Barca memang diunggulkan dari tim penghuni peringkat tiga tersebut. Namun sejarah mencatat, Getafe bukan lawan sembarangan. Musim ini, Pasukan Pepe Bordalas mengunci catatan defensif lebih baik daripada anak asuh Quique Setien.

Getafe baru kebobolan 20 gol dalam 23 laga terakhir. Masih unggul delapan gol, ketimbang Barcelona yang sudah kebobolan 28 kali. Termasuk mengunci clean sheet dari empat laga terakhirnya.

Entrenador Barca Quique Setien menegaskan kemenangan atas Getafe adalah harga mati. “Kami sudah mendekati posisi puncak, kami harus menjaga jarak dan memenangkan laga tersisa, ” ujarnya dilansir dari Barcablaugranes.

Eks pelatih Real Betis itu tidak memungkiri Getafe yang agresif menjadi rintangan paling berat ke puncak klasemen. “Kami sudah berada dalam tekanan, dan harus keluar secepatnya,” katanya.

Sebelumnya, ia telah mewanti-wanti elit Barca bahwa pasukannya tidak cukup kuat untuk meningkatkan tantangan gelar di dua kompetisi, La Liga dan Liga Champions.

“Keluhan ini ia (Setien) sampaikan kepada sekretaris teknis Éric Abidal bahwa skuad yang dia miliki saat ini tidak akan cukup,” tulis Marca.

Tim asal Katalonia ini masih sibuk mencari berbagai opsi untuk memperkuat tim setelah libur berbelanja pemain di bursa transfer musim dingin. Banyak hal berubah setelah wonderkid termahalnya, Ousmane Dembele dibekap cedera hingga absen selama enam bulan.

Kini, mereka berharap La Liga dan Federasi Spanyol menerima proposal mereka untuk merekrut pemain di luar bursa transfer.

La Liga menyebutkan, Barcelona bisa melakukannya dengan satu syarat. Pemain yang ingin direkrut merupakan pengganti seseorang yang keluar selama lima bulan atau lebih.

Pemain ini harus berasal Liga Spanyol (La Liga atau kasta yang lebih rendah) dan hanya dapat memainkan kompetisi domestik.

Sejumlah nama seperti Willian José, Ángel Rodríguez, Lucas Pérez, dan Loren Morón masuk menjadi pengganti Demvwl. Namun, Barcelona tidak memiliki banyak dana yang dialokasikan untuk penandatanganan ini, hanya 12 juta euro per satu tanda tangan.

Namun bukanlah Setien jika gagal memanfaatkan situasi ini. Seperti di lini depan, pilihannya hanya tiga punggawa. Antara Ansu Fati, Antoine Griezmann, dan Lionel Messi. Panjangnya jam bermain Ansu Fati bisa berdampak positif. Skill menyerangnya kian bertambah. Namun itu tergantung bagaimana peran Griezmann dan Messi memaksimalkan dukungannya.

Gerard Pique dan Samuel Umtiti menjadi harapan lini belakang Barcelona. Setien pun diprediksi menurunkan Arturo Vidal dan Ivan Rakitic pada menit pertama. Keduanya akan diturunkan untuk memecah kebuntuan di lini depan Blaugrana.(*)

Rekomendasi Berita