oleh

Barca vs Atletico: Ajang Melepas Penat

LINGGAU POS.CO.ID- Rasa frustasi masih menggelayuti benak Entrenador Barcelona Ernesto Valverde. Ia tak memiliki sedikit pun quality time dari dua setengah musimnya menahkodai Blaugrana-julukan Barcelona. Kritik demi kritik datang tanpa henti. Tudingan makin intens saat Barca mulai melempem di Liga Champions, kendati lolos ke babak 16 besar.

Hampir setiap bulan nama-nama pengganti Valverde muncul ke publik. Semifinal kedua antara Barcelona dan Atletico Madrid di Supercopa de Espana 2019/20 menjadi momennya untuk beristirahat, dini hari nanti.

Apalagi venue laga dini tersebut berada dari kepungan media Spanyol di Arab Saudi. Laga itu akan digelar di King Abdullah Sports City, Jeddah. ” Ini laga penting, saat keluar dari Spanyol, pertandingan ini sangat menentukan kami,” ujar Valverde kepada Valverde telah memenangkan empat trofi dari dua musimnya bersama Blaugrana.
Namun, raihan itu belum membuat publik mempercayainya. Hasil negatif saat melawan AS Roma dan Liverpool di Liga Champions musim lalu, dikenang lebih dari raihan domestiknya hasil buruk tersebut menjadi senjata untuk mendepaknya dari kursi pelatih.

Meraih trofi Supercopa bukan perkara mudah. Pada pekan ke-15 La Liga, keduanya sudah bertemu yang hasinya dimenangkan Barcelona dengan skor tipis 1-0

Duel kemarin dan dini hari nanti, menjadi sangat sentimentil bagi penyerang Barca Antoine Griezmann. Ia kembali berhadapan dengan mantan klubnya kendati sudah di luar Eropa.

Ya, lima musim bersama Los Colchoneros –julukan Atletico, Griezmann selalu menjadi pendulang gol di setiap musim.

Sayangnya, kepindahan Grizi-panggilan akrab-Griezmann ke Barca musim panas ini telah menyakiti hati fans klub rival Real Madrid iti. Bagaimana tidak. Pernah menyatakan tidak sudi berganti kostum Barca, setahun berselang, bintang timnas Prancis itu berubah pikiran. Pemain 28 tahun tersebut sepakat menyeberang ke Catalan dengan biaya transfer EUR 120 juta (Rp 1,86 triliun).

Musim ini, performa Grizi tidaklah buruk. Dari 17 penampilannya di La Liga, ia telah menorehkan tujuh gol dan empat assist.
Ernesto Valverde bakal kembali memainkan trio Messi -Suarez-Griezmann- dalam komposisi terbaik. Sayangnya, dalam laga ini Barca tidak diperkuar kiper Marc-Andre ter Stegen yang cedera.

Baik Valverde dan Barcelona, keduanya sangat menginginkan laga nanti diakhiri tiga poin oleh mereka. Pasalnya, Blaugrana hanya meraih satu poin usai imbang 2-2 dalam derby melawan Espanyol di La Liga, pekan kemarin.

Namun, itu tidak bakal mudah. Atletico tengah dalam konfidensi yang tinggi. Anak asuh Diego Simione menutup kado tahun baru dengan manis saat menjamu Levante dengan skor 2-1. Dengan hasil tersebut, menggenapkan kemenangan beruntun dari empat laga terakhir mereka.

Valverde tahu situasi tersebut. Kendati berlaga di luar Spanyol, tekanan pemainnya untuk tampil sempurna harus ia genjot. Jika tidak, sosok seperti Ronald Koeman, Arsene Wenger, Erik ten Hag dan Marcelo Gallardo bisa setiap waktu menggesernya dari tepi Lapangan Camp Nou.(*)

 

Rekomendasi Berita