oleh

Banyak Spot Foto Menarik

Destinasi Baru, Lembah Cinta Bukit Sulap

Tak hanya pemerintah. Namun masyarakat Kota Lubuklinggau mulai berinisiatif menciptakan wisata-wisata baru yang recommended untuk dikunjungi. Salah satunya Lembah Cinta Bukit Sulap.

Laporan Andi Wiji Haryanto, Lubuklinggau

Kota Lubuklinggau kini bukan lagi sebagai kota transit. Keberadaannya yang strategis didukung infrastruktur dan moda transportasi yang memadai kini Kota Lubuklinggau jadi kota tujuan. Selain tujuan belanja, juga destinasi pendidikan dan wisata. Warga yang datang ke Lubuklinggau kini memiliki banyak alternatif tempat wisata yang bisa dikunjungi. Seperti Masjid Agung As-Salam, Air Terjun Temam, Pemandian Waterpark, dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk menarik minat pengunjung datang ke Lubuklinggau, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau telah ‘menyulap’ wajah kota “Sebiduk Semare” menjadi lebih baik. Didukung dengan dibangunnya banyak hotel, pusat perbelanjaan serta kafe dan restoran.

Terinspirasi dengan semangat tersebut, masyarakat di Jalan Bengawan Solo, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II membuat Lembah Cinta Bukit Sulap. Lokasinya tepat di bawah kaki objek wisata Bukit Sulap.

Dari pusat kota, anda hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menuju ke lokasi. Untuk hari biasa, masuk objek wisata ini anda harus membayar Rp10 ribu. Sementara untuk anak bawah 10 tahun, gratis. Tarif parkir untuk sepeda motor Rp2 ribu dan Rp5 ribu untuk mobil.

Objek wisata Lembah Bukit Sulap sepertinya didesain khusus untuk para pengunjung yang hobi berswafoto. Sebab di sini ada Rumah Pohon, Lorong Cinta dan Gembok Cinta, Ayunan Mesra, Titian Asmara, Anjungan Kupu dan Sarang Burung.

Karena di bawah bukit, suasana alamnya jelas sangat sejuk. Ditambah ada hiburan keluarga berupa karaoke.

“Ide membuat Lembah Cinta ini murni dari saya dengan dibantu teman-teman seperti Agus Sutriadi, Armada dan Helmi,” jelas Pengelola Wisata Lembah Cinta, Darmansyah.

Konsep kami sebenarnya menyajikan wisata alam terbuka, rekreasi dan edukasi, dengan melihat lanskap atau bentang alamnya,” kata Darmansyah.

Kedepan lanjut Darmansyah, ia akan membuat Taman Air Mancur, dan beberapa spot atraksi, seperti sepeda gantung dan flying fox serta permainan anak-anak.

Tak hanya di beberapa titik dibuat taman bunga dengan beberapa varian bunga, dan bisa jadi akan dibuat kolam renang.

“Dalam waktu dekat, semua fasilitas sudah siap,” ujar Darmansyah.

Menurutnya, untuk membangun semua fasilitas di Lembah Cinta, murni menggunakan dana swadaya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Ia juga mengharapkan dukungan dari Pemkot Lubuklinggau, karena keterbatasan dana, melalui program pengembangan wisata alam, di bawah Dinas Pariwisata.

Karena dengan dibukanya Wisata Alam Lembah Cinta Bukit Sulap ini, dapat memberikan imbas positif bagi masyarakat. Terutama masyarakat sekitar dengan memberikan peluang usaha baru dan menambah income bagi tukang parkir.

Oleh karena itu, Darmansyah mengajak seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau, untuk berkunjung ke Wisata Lembah Cinta Bukit Sulap ini.

“Kami mengundang pula di malam tahun baru ini untuk dapat hadir dalam perayaan malam tahun baru 2019, “ imbuhnya.(*)

Rekomendasi Berita