oleh

Banyak LSM Malas Lapor

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hingga, Januari 2018 Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mencatat ada 18 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) aktif, itu dibuktikan dengan adanya struktur dan kesekretariatan mereka, begitu pun dengan akta notaris untuk LSM daerah.

Kepala Kesbangpol Lubuklinggau, Edi Rogiansyah melalui Kasi Hubungan Antar Lembaga, Tugimin mengatakan sebenarnya jumlah LSM yang ada di Kota Lubuklinggau lebih dari jumlah yang tercatat, hanya saja pengurus mereka enggan melapor padahal syarat untuk mendaftarkan LSM ke Kesbangpol sangat mudah.

“Inilah, kita bingung mengapa mereka malas melapor, sampai saat ini kita belum tahu alasannya,”kata Tugimin.

Dalam pendaftaran, dilanjutkan Tugimin, cukup dengan melampirkan struktur pengurus dan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) yang sudah dinotariskan, termasuk program kerja dari LSM tersebut.

“Dilengkapi, tanda tangan dari ketua dan sekjen, SK ketua dan sekjen, SK pengurus pusat DPP yang ditandatangani oleh pendiri/pimpinan Munas, tiga SKT Kabupaten/Kota untuk terdaftar di Provinsi,” jelasnya.

Kemudian, daftar riwayat hidup pengurus pusat, mulai dari ketua umum, sekretaris jenderal dan bendahara, pas foto berwarna 4 x 6 cm untuk struktur pengurus tersebut.

“Foto copy KTP (Kartu tanda Penduduk, red) pengurus pusat, mulai ketua umum, sekretaris jenderal dan Bendahara. Formulir isian, data lapangan. Photo tampak depan dengan papan nama alamat kantor/sekretariat, NPWP, surat keterangan domisili ditandatangani oleh Lurah dan Camat dan surat kontrak dan izin pakai pemakaian tempat diatas meterai 6000,”ujarnya.

Namun, yang paling penting semua organisasi ini tidak menggunakan lambang Burung Garuda, sebagai lambang organisasi.

“Ini larangan, dan berlaku untuk semua LSM,” pungkasnya. (CAE02)

Komentar

Rekomendasi Berita